Tingkat Kepuasan Mahasiswa Sunway Tercatat 92,5%

0
5
Sunway University.

KUALA LUMPUR, Prioritas.co.id – Pemahaman atas kebutuhan dan kepuasan calon mahasiswa dan mahasiswa yang tengah berkuliah merupakan barometer penting bagi sebuah institusi untuk meningkatkan layanan demi memenuhi kebutuhan pendidikan mahasiswa.

Dalam survei “Student Barometer 2021” oleh i-graduate yang menjajaki pendapat mahasiswa di beragam program dan jenjang studi, Sunway University dan Sunway College mencatat tingkat “Kepuasan” (Overall Satisfaction) mahasiswa sebesar 92,5% dari sisi pengalaman berkuliah, dan 90,3% mahasiswa merasa puas atas pengalaman belajarnya (“Learning Average”).

Barometer ini menjadi tolok ukur global tentang pengalaman mahasiswa, serta mendukung pemantauan dan perbandingan tingkat kepuasan mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan, ekspektasi, persepsi, dan niat mahasiswa dari tahap pendaftaran hingga kelulusan. Sebanyak 107 universitas di 15 negara berpartisipasi dalam survei ini di seluruh dunia, dan tujuh di antaranya berasal dari Malaysia.

Fokus utama dalam survei ini mencakup respons institusi terhadap tingkat kepuasan mahasiswa, terdiri atas proses pengambilan keputusan, penerimaan mahasiswa/orientasi, kegiatan belajar, akomodasi, dukungan, rekomendasi, peluang lulusan mencari pekerjaan, dan kesejahteraan.

Sunway berada di peringkat nomor 1 dalam aspek “Dukungan Karier” (Career Support) dengan tingkat kepuasan sebesar 92,3% dibandingkan angka rata-rata global yang mencapai 77,6%. Hal ini menunjukkan tingginya kepuasan mahasiswa dalam layanan dukungan karier, program dan lokakarya yang membekali mahasiswa dengan keahlian dan kompetensi penting untuk mengembangkan karier yang sukses setelah lulus.

Guna mempersiapkan mahasiswa Sunway University dan Sunway College untuk menjalani karier mendatang, baik dari tahap prauniversitas hingga kelulusan, Sunway Education Group melansir Program Kesiapan Karier. Program ini memenuhi kebutuhan mahasiswa, sedangkan, materinya tersedia secara relevan dan bermanfaat agar lulusan menjadi sosok yang dibutuhkan perusahaan pemberi kerja. Di sisi lain, lulusan juga menjadi sosok yang berpengaruh positif di tengah masyarakat, serta mendapat bekal untuk menjawab tantangan dan peluang dalam kehidupan.

Menurut laporan Sunway Career Services 2020/2021 di Malaysia, 10 Besar perusahaan yang merekrut lulusan Sunway terdiri atas Accenture, AIA, Ernst & Young, Great Eastern Life Assurance, Maybank, Prudential Assurance, Public Bank, PricewaterhouseCoopers (PwC), Shopee, Serta Sunway Group & anak usahanya.

“Program Persiapan Kerja Magang” yang diadakan tim Career Service di Sunway Education Group bekerja sama dengan beragam fakultas untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum menempuh kerja magang. Minimal enam bulan sebelum magang dimulai, mahasiswa mengikuti beragam program/lokakarya dengan topik menulis surat lamaran kerja, keahlian wawancara kerja, berjejaring dan cara berpakaian, serta profesionalisme di tempat kerja. Tim Career Service juga menyediakan sarana untuk mengecek setiap surat lamaran kerja yang ditulis mahasiswa sebelum dikirimkan kepada perusahaan terkait.

Survei ini juga mencerminkan tingkat kepuasan 100% dari sisi “Dukungan Pascasarjana” (Postgraduate Support) bagi mahasiswa pascasarjana.

Dukungan turut tersedia bagi mahasiswa pascasarjana, mempermudah studi, riset, dan penggunaan sarana kampus yang relevan. Secara berkala, setiap Fakultas di universitas ini menggelar kegiatan, lokakarya, dan seminar dengan dukungan perwakilan dari komunitas pascasarjana yang diikuti mahasiswa. Layanan tersebut mencakup seminar, lokakarya tentang tulisan ilmiah, program riset etnis, dan lain-lain.

Pihak kampus juga menyediakan kesempatan bagi mahasiswa pascasarjana untuk menjadi asisten dosen atau asisten peneliti. Pelatihan juga digelar oleh Academic Enhancement Division guna membekali mahasiswa dengan keahlian relevan untuk memberikan tutorial dan kelas praktis.

Meski studi di luar negeri menjadi pengalaman menarik, proses pengajuan dokumen merupakan hal yang menyulitkan mahasiswa. Untuk konteks ini, Sunway berada di peringkat nomor satu di Malaysia dari sisi “Penerimaan—Kedatangan Mahasiswa Internasional” (Welcome – Arrival for International Students). International Office Department di Sunway 100% memberikan sambutan dan bantuan bagi mahasiswa internasional yang tiba di Malaysia, mempermudah proses akomodasi, serta menyediakan memo dan panduan perjalanan.

Acara penerimaan mahasiswa juga diadakan untuk setiap angkatan. Lebih lagi, mahasiswa internasional juga mendapat pengarahan tentang prosedur membuka rekening bank, mengikuti skrining medis, serta berpartisipasi dalam Sunway International Student Ambassadors, dan memperoleh layanan International Office.

#CampusWithAConscience menjadi prinsip penting di balik pengalaman mahasiswa ketika berkuliah di Sunway College dan Sunway University. Hal tersebut menjadi semangat dasar dalam Kehidupan Kampus Sunway; pengajaran, motivasi, dan keterlibatan mahasiswa dalam seluruh aspek komunitas yang majemuk dan inklusif, membantu mahasiswa menjalani gaya hidup dan pola hidup yang sangat mencerminkan sebuah masyarakat yang gigih demi menciptakan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi generasi saat ini dan masa depan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here