Sosialisasi Kelompok Nelayan Sejahtera Bakau Heni

0
98

Prioritas.co.id.Lampung Selatan – Sosialisasi dan Pembinaan Kelompok Nelayan Desa Bakau Heni, menuju nelayan sejahtera pelestarian alam di pantai pesisir di kecamatan Bakau Heni Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir Camat Bakau Heni Zaidan di dampingi kepala desa Sahroni , Joner Butar- Butar kasi penyengara nelayan dinas perikan lampung selatan dan kelompak nelayan.

“Wilayah nelayan itu bukan daerah kumuh, maka pengunjung nyaman bersih rapi indah dan dari sekarang kita lestarikan dan kita kembangkan pantai kita ,tugas nelayan tidak saja mencari ikan tetapi harus menjaga kebersihan laut dari sampah naka nelayan harus bisa juga membersihkan sampah yang ada dilaut karena masalah kebersihan sampah di laut adalah tugas kita bersama,dan kita pelestarian hutan bakau bayak ada di Di Dusun Tanjung Tua  pesisir pantai di desa Bakau Heni Kecamatan”ucap Zaidan selaku Camat Bakau Heni.

Dinas perikan yang di wakili oleh Joner Burar-Butar, Pelestarian pantai pesisir meliputi perkembangan jaman bersama-sama kita belajar dengan alam dari hutan ma’rup di pingir pantai, dan hutan tersebut akan bermanfaat kehidup kepiting dan ikan dan biotik yang ada di laut tersebut.

Di dinas perikan di bagi empat kelompok :

1Kelimpok usaha bersama (KUB)
2Kelompok pembudi ikan (KPI)
3Kelompok pengeloh pasar (KPP)
4Kelompok usaha garam (KUG)

“kalau kita membentuk usaha jangan sepuluh harus lebih dari sepuluh, takutnya ada kelompok ada yang pindah domisi ,menimal di wilayah  kelompok membangun kelompoknya masing-masing harus terdaftar di desa karena ada pengukuhan kelimpok, setiap kelompok harus ada akte notaris ,jadi kelompok bapak terdaftar di rua g lingkup kementerian hukum dan ham ,maka setiap kelompok harus memiliki kapal jadi laut kita sudah di sertai  surat-surat karena di laut ada polisi air Laut (Polarut ),” ucap penyampai perwakilan dari dinas perikanan.

Kades Sahroni desa Bakau heni mengawali penyampaian kepada kelompok nelayan, “Rakyat kecil ini bertanya kepada saya, ada bantuan gak pak untuk nelayan dan saya menjawab pasti ada kalau kita ada kelompok nelayan, “kata Sahroni selaku kepala desa Bakau Heni.

Toto (45) tahun warga Desa Pegantungan yang mewakili kelompok nelayan.

“Kelompok nelayan menuturkan yang berada di Dusun Pegantungan dan kami selaku warga mohon di perhatikan keluhan di sekitar tambak ada dampak negatifnya , agar pembuangan limbahnya di jauh dari pemukiman warga karena ada imbas dari tambak tersebut warga merasa gatal-gatal dampak dari pembuangan limbah tambak tersebut,”ujar Toto Kelompok nelayan

Lanjut Saidan “sudah maksimal mungkin kita mendatangkan sapator untuk penormalisasi di aliran sungai masalah pendangkalan, untuk penangakal ini adalah faktor alam ,maka kita tanamani aja mangrup, dampak dari lingkungan tersebut maka kita minra data agar kira datangi  agar kita kasih arahan, “pangkas Saidan. (adri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here