Pelabuhan penyemberangan PT. ASDP Indonesia Ferry Bakauheni Beransur Pulih 

0
64

Prioritas.co.id.Bakauheni – Pelabuhan penyemberangan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni, penumpang jalan kaki sudah terlihat lenggang dan berangsur normal. Hari Selasa 11 Juni 2019.

Dari Pantauan Media Prioritas.co.id di lapangan terlihat penumpang jalan kaki sudah terlihat lengang dan normal dari tadi siang ,sore hari dan hingga malam nanti di lobby utama pembelian tiket non tunai palabuhan penyemberangan Bakauheni.

Data perbandingan data arus mudik (Dari Merak) dan balik (Dari Bakauheni). Pada periode lebaran 1440 H tahun 2019 . Sampai Dengan H + 5 Tanggal 11 Juni 2019 Per  12  jam (08.00 s/d 20.00 wib).

Trip Kapal Roro arus mudik dari Merak  berjumlah 909 trip sedangkan arus balik dari Bakauheni berjumlah 639 trip ,jadi selisih belum kembali 270 trip dan yang sudah kembali 70 % ,jadi masih kurang 30 % lagi.

Penumpang jalan kaki arus mudik dari Merak berjumlah 127.992. Sedangkan penumpang jalan kaki arus balik dari Bakauheni berjumlah 107.745 .Selisih penumpang jalan kaki 20.247, jadi yang sudah kembali 84 % jadi penumpang jalan kaki yang belum kembali ke pulau jawa 16 % lagi.

Penumpang dalam kendaraan arus mudik naik dari Merak berjumlah 774.686. Sedangkan penumpang dalam kendaraan arus balik dari Bakauheni berjumlah 582.906. Jadi selisih penumpang dalam kendaraan yang belum kembali dari pulau Sematera ke pulau Jawa berjumlah  191.780. Jadi penumpang dalam kendaraan yang sudah kembali 75 %, jadi yang belum menyemberang dari pulau Sumatera ke pulau Jawa masih kurang 25 % lagi.

Total penumpang arus mudik naik dari Merak berjumlah 902.678. Sedangkan arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 690.651. Jadi selisih arus balik naik dari Merak  dan arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 212.027. Jadi total yang sudah kembali berjumlah 77 %. Sedang sisanya total penumpang arus mudik naik dari Merak dan arus balik naik dari Bakauheni  berjumlah 23 % total penumpang.

Kendaraan roda 2  arus mudik naik dari Merak yang menyemberang dari pulau Jawa menuju ke pulau Sematera  berjumlah 83.285 kendaraan roda 2. Sedangkan kendaraan roda 2 arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 66.322 kendaraan roda 2. Selisih kendaraan roda 2 arus balik naik dari Merak dan arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 16.963 kendaraan roda 2. Jadi kendaraan roda 2 yang sudah kembali berjumlah 80 %. Jadi sisa kendaraan roda 2 arus balik naik dari Merak dan arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 20 % lagi.

Kendaraan roda 4 arus mudik naik dari Merak yang berjumlah 100.470 kendaraan roda 4 .Sedangkan arus balik naik dari Bakauheni yang menyemberang dari pulau Sematera menuju ke pulau Jawa berjumlah 78.555 kendaraan roda 4. Jadi selisih kendaraan roda 4 arus mudik naik dari Merak dan arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 21.915 kendaraan roda 4. Sedangkan yang sudah kembali dari pulau Sematera menuju ke pulau Jawa sebesar 78 %. Dan sisanya masih kurang sebesar  22 % kendaraan roda 4 yang belum kembali ke pulau Jawa.

Kendaraan bus arus mudik naik dari Merak Banten berjumlah 4.312 kendaraan bus. Sedangkan arus balik naik dari Bakauheni Lampung berjumlah 2.375 kendaraan bus. Selisih kendaraan bus yang belum kembali berjumlah 1.937 kendaraan bus. Kendaraan bus yang sudah kembali sebesar 55 %. Sedangkan kendaraan bus yang belum menyemberang dari pulau Sematera menuju ke pulau Jawa mengalami penurunan dan sisanya masih kurang sebesar 45 % kendaraan bus yang belum kembali ke pulau Jawa.

Truk/kendaraan besar arus balik naik dari Merak  berjumlah 5.634 truk/kendaraan besar. Dan truk/kendaraan besar arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 2.339 truk/kendaraan besar .Selisih  truk/kendaraan besar berjumlah 3.295 truk/kendaraan besar. Truk/kendaraan besar yang sudah kembali sebesar 42 %. Jadi sisanya masih kurang sebesar 58 % truk/kendaraan besar mengalami penurunan  yang belum menyemberang dari pulau Sematera menuju ke pulau Jawa.

Total roda 4 arus mudik naik dari Merak berjumlah 110.416 total roda 4. Sedangkan roda 4 arus balik naik dari Bakauheni berjumlah 84.269 roda 4. Total roda 4 yang sudah kembali sebesar 75 % total roda 4. Jadi sisanya masih kurang sebesar 25 % total roda 4 yang belum kembali menyemberang ke dari pulau Sematera menuju ke pulau Jawa.

Total kendaraan arus balik naik dari Merak berjumlah 193.701 total kendaraan yang menyemberang dari Merak Banten menuju ke Bakauheni Lampung. Jadi total kendaraan arus balik dari Bakauhenin Lampung menuju ke Merak Banten berjumlah 149.591. Selisih total kendaraan yang belum kembali dari pulau Sematera Bakauheni Lampung menuju ke pulau Jawa Merak Banten  berjumlah 44.110 total kendaraan. Total kendaraan yang sudah kembali dari pulau Sematera yang menyerangan dari Bakauheni Lampung menuju ke pulau Jawa atau  Merak Banten sebesar 77 % total kendaraan. Jadi sisa total kendaraan yang belum menyemberang dari pulau Sematera atau dari Bakauheni Lampung menuju ke pulau Jawa atau menyemberang ke pelabuhan Merak Banten  sebesar 23 % dari total kendaraan.

Arus balik naik dari Bakauheni Lampung menuju ke Merak Banten ,mengalami penurunan  dan di predeksi perkiraankan penumpang jalan kaki dan kendaraan akan menyemberang di antara sabtu dan minggu ke depan di perkirakan berjumlah sepuluh ribu an lebih.

Dirut PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi di pelabuhan penyeberangan dermaga 7 Eksekutif Bakauheni menyampaikan kepada awak media dengan rasa bahagia.

“Efek dari hari libur sehingga di saat mudik lebaran 1440 H tahun 2019 terjadi antrian panjang  baik di gerbang tol Trans Sumatera atau di pintu tol gate penyeberangan Bakauheni sehingga mengalami antrian, dan kami masing-masing dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Siap melayani dengan cepat kepada calon penumpang yang akan menyemverang agar menggunakan i – KTP atau tiket nonton,  semuanya  akan dipermudah dan kami siap melayani dengan cepat dan kami siap menerima masukan dari rekan-rekan media dan saya ucapkan terima kasih  kepada semuanya, Insya Allah ,semua kerja kita menjadi ibadah,” ucap Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi. (Adri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here