PAUD Kasih Ibu Berikan Mutu Pelayanan

0
190

prioritas.co.id. Pringsewu – Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menyebabkan terjadinya perkembangan dalam kehidupan masyarakat.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Ibu yang beralamat di Jalan SMP Negeri Patoman Pekon Padangrejo, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Selasa, (19/2/2019).

Dengan Visi “Membentuk anak yang cerdas, kreatif beraklak mulia dan Mandiri sejak usia dini” dan Misi “Memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu bagi anak usia dini” yang berdiri dari tahun 2012 dengan jumlah guru 4 orang dan murid 37 siswa.

“Perkembangan itu pula menyebabkan perubahan pandangan terhadap tujuan pendidikan sehingga diperlukan adanya perubahan dan penyesuaian,” kata Sri Dewi Astuti.

Sri Dewi Astuti mengatakan, guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah.

Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. “Di dalam kelas guru malaksanakan dua kegiatan pokok yaitu kegiatan mengajar dan kegiatan mengelola kelas,” kata dia.

Di kelas juga segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasanya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas.

Ia mengatakan, guru harus memiliki, memahami dan terampil dalam menggunakan macam-macam pendekatan dalam manajemen kelas, meskipun tidak semua pendekatan yang dipahami dan dimilikinya dipergunakan bersamaan atau sekaligus.

“Dalam hal ini, guru dituntut untuk terampil memilih atau bahkan memadukan pendekatan yang menyakinkan untuk menangani kasus manajemen kelas yang tepat dengan masalah yang dihadapi,” ujar dia.

Menurut Sri Dewi Astuti, pendidikan anak usia dini penting dilaksanakan untuk menentukan kualitas bangsa ke depan. Untuk itu guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan yang selalu berubah dan tidak tetap dalam pengembangan kurikulum PAUD.

Langkah pengembangan kurikulum diatur sedemikian rupa sesuai dengan hakekatnya agar peserta didik sebagai komponen pembelajaran, mendapat kompetensi yang memadai dalam menguasai dan memanfaatkan teknologi sesuai dengan yang diinginkan.

“Untuk kondisi Indonesia mengembangkan kurikulum mengacu pada kerangka dasar yang terdiri dari landasan filosofis, sosiologis, psiko paedagogis, teoritis dan yuridis sesuai dengan standar nasional pendidikan,” kata dia.

Adapun kompetensi yang diharapkan tercapai adalah menerima ajaran agama yang dianutnya, memiliki perilaku hidup sehat, kreatif dan estetis, percaya diri, jujur, rendah hati, santun dalam interaksi dengan keluarga, pendidik dan atau pengasuh dan teman. (Wagiman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here