Panwascam Tegineneng Sukseskan Pemilu Damai 2019

0
102

prioritas.co.id.TEGINENENG – Menjelang Pemilu 2019, deklarasi Pemilu Damai digelar oleh Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Tegineneng dalam rangka menyukseskan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang di wilayah Polsek Tegineneng,Selasa (19/2).

Ketua Panwascam Kecamatan Tegineneng, Khairul Anam mengatakan deklarasi damai ini merupakan langkah awal untuk menciptakan suasana kondusif jelang pemilu 2019, supaya damai, aman dan sejuk serta tanpa ada intimidasi .“Semua perwakilan partai politik yang datang hari  telah berikrar melalui deklarasi damai dengan dibuktikan membubuhi tekenan di spanduk deklarasi damai pemilu 2019  di atas spanduk,”katanya.

Dalam hal ini, Khairul Anam mengharapkan kerjasama dalam melaksanakan dan menyukseskan Pemilu 2019.

“Kami mengharapkan kepala desa serta aparatur kepemerintahan/ASN harus netral dan mentaati perundangan yang ada. Kami juga mengharapkan kerjasama sekarang ini telah memasuki tahapan kampanye,” ujarnya.

Anam juga meminta kepada peserta pemilu
maupun para caleg untuk tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang kampanye, lokasi kampanye dan alat peraga kampanye. Hal ini sudah dijelaskan pada Pasal 275 dan Pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam pasal 280 itu ada beberapa tempat  yang dilarang  untuk dijadikan tempat kampanye, di antaranya lembaga pendidikan formal maupun non formal yaitu sekolah Meunasah (surau), di gedung kesehatan, rumah sakit dan lainnya,”terangnya.

Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Tegineneng, Lusi Anisa mengharapkan pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) sesuai ketentuan yang berlaku. Berdasarkan zona yang telah disepakati.

“Soal teknis misalkan adanya kerusakan, kami hanya dapat memberikan informasi, tidak dapat membenahi karena nanti dianggap tidak netral. Karenanya kami mohon koordinasi yang tertib,” ucapnya.

Selanjutnya Camat Tegineneng, Syahrudin mengimbau apabila di kemudian hari timbul masalah, maka jangan melibatkan orang tidak bertanggung jawab.

Ia pun meminta Panwascam dan PPK selalu bersinergi, agar tidak ada gejolak yang tidak diinginkan. “Kami mengajak semua sektor terut ambil bagian, sehingga pemilu berjalan lancar, aman, dan sejuk,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Tegineneng, AKP Haryono mengungkapkan bahwa aparat kepolisian siap mengawal pemilu 2019 hingga berakhir. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada PPK dan Panwascam atas terselenggaranya deklarasi damai ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan pernyataan Deklarasi Damai oleh PPK, Panwascam, PPS, Kepolisian, Camat, Partai Peserta Pemilu dan tamu undangan. Kegiatan berakhir hingga pukul 10.00 Wib dan berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Sekedar diketahui bahwa dalam kegiatan tersebut turut hadir Kapolsek Tegineneng AKP Haryono, Danramil Natar diwakili Kapten Pelda Rivoldi, Babinsa Desa Trimulyo Tegineneng Serma Endro, Syahrudin Camat Tegineneng, Ipda Rohim Rebo Kanit Binmas Polsek Tegineneng, Bripka Budi P, Bripka Fredkus Feri, Bripka Tedi Babinkamtibmas Polsek Tegineneng, Lusi Anisa Ketua PPK Kecamatan Tegineneng, Khairul Anam Ketua Panwascam Kecamatan Tegineneng, PAC Partai PDIP, Suhadi PAC/Caleg Patrai PKB, Martono PAC Partai PKS, Kahar Muzakar PAC/Caleg Partai Demokrat, Anggota Panwascam Tegineneng, PPS Kecamatan Tegineneng. (Nal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here