Kementerian Pariwisata RI Lakukan Gerakan Sadar Lingkungan

0
168

prioritas.co.id Lampung Selatan  – Dalam Rangka Gerakan Sadar Wisata Di Destinasi Pariwisata Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI) Menggelar Acara Trauma Healing.

Kegiatan Trauma Healing Dalam Rangka Gerakan Sadar Wisata Didestinasi Pariwisata yang berlangsung di Lapangan Limbonk Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan ini selain dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Rajabasa Komaruddin juga turut dihadiri oleh.Kadis pariwisata kabupaten lamsel Yuda Sukmarina,staf ahli Bupati Lamsel bidang pemasyarakatan perwakilan Plt,Bupati Lamsel.Arum Damarintyas selaku Kasubit sadar wisata deputi bidang pengembangan industri dan kelembagaan Kemenpar RI dan dihadiri oleh Dicky Pelupessy selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI).

Yuda Sukmarina selaku Kadis Pariwisata dalam sambutannya menyampaikan kegiatan hari ini merupakan kegiatan Trauma Healing dalam rangka Gerakan Sadar Wisata Didesatinasi Pariwisata,yang bertepatan pada hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).yang Diikuti oleh 200 peserta dari penggerak pariwisata yang ada dilamsel.serta dapat menciptakan destinasi pariwisata yang sadar wisata dan aksi sapta pesona.

“Agar selalu menjaga keindahan,keamanan,ketertipan,dan keramahan,”ujarnya Kamis (21/02/2019).

Lebih jauh dirinya menyampaikan Dengan sasaran khususnya wilayah yang terdampak tsunami .

“Membantu masyarakat agar bangkit kembali dari musibah yang dialami dan semoga acara ini dapat berjalan baik dan lancar”tambahnya.

Plt.Bupati Lampung Selatan yang diwakili oleh Staf ahli Bupati Lampung Selatan dalam bidang permasyarakatan Syahlani sekaligus yang membuka secara resmi acara Trauma Healing menyampaikan sambutan tertulis Plt.Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto akibat musibah tsunami selat sunda yang terjadi 22 Desember 2018 lalu yang menghantam wilayah wisata pesisir pantai.membuat para wisatawan nusantara dan manca negara hawatir.hal ini yang memicu menurunnya animo pengunjung wisatawan datang di wilayah lampung selatan.

“tentunya perlu langkah yang cepat dalam pemulihan sektor pariwisata.baik dalam sisi SDM,ataupun dalam kelembagaan melalui kegiatan trauma healing seperti ini,”ujarnya.

Selanjutnya dalam pemulihan destinasi wisata yang mengalami kerusakan.
untuk hal ini tentunya diperlukan rehabilitasi yang tentunya membutuhkan pendanaan.

“tentunya kementerian pariwisata juga dapat memberi dorongan,dengan meminta kepada pihak terkait untuk memberikan relaksasi di bidang keuangan,”tambahnya.

Dalam pesan tertulisnya Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih kepada Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga Kementerian Pariwisata RI atas inislasi diadakannya kegiatan ini.

“semoga dengan pendampingan dan dukungan sosial,saudara saudara kita yang menjadi korban bencana dapat termotifasi dan dapat menerima dengan ikhlas bencana yang dialami serta dapat bangkit kembali,”tamhanya lagi.

Dipenghujung acara dari pantauan terlihat para kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada secara simbolis menerima alat kebersihan serta bersama sama membersihkan sampah yang ada di lokasi kegiatan, pungkasnya.(adri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here