Kembangkan dan Melestarikan Budaya Bangsa, Cinta Tanah Air

0
350

prioritas.co.id.Pringsewu – Kembangkan dan Melestarikan Budaya Bangsa, Cinta Tanah Air, NKRI Harga Mati, Jumat, (15/2/2019), Kegiatan di SMA Negeri 1 Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Propinsi Lampung.

Jumat Ketiga adalah Jumat Seni, yang mana ini sudah berjalan sejak berdirinya sekolah masih sangat eksis sampai sekarang.

Menurut Budi Sulistiono, SPd.MM, selaku Waka Kesiswaan menyampaikan bahwa kegiatan setiap hari Jumat ini bervariasi yaitu Jumat ke 1 kegiatan Religi, Jumat ke 2 kegiatan Olahraga, Jumat ke 3 kegiatan Kreatifitas Seni, dan Jumat ke 4 kegiatan Bersama-sama membersihan sekolah, adapun Jumat ke 5 digunakan untuk Pengembangan LKBB kepada seluruh siswa, ucapnya.

Perlu diketahui bersama, bahwa siswa-siswi SMAN 1 Banyumas mempunyai Potensi yang sangat luar biasa. Maka kami mengapresiasi kepada siswa, bahwasanya setiap hari Jumat di jam ke-1 diadakan Jumat Variasi sesuai jadwal. Selain itu juga bahwa untuk pengembangan diri siswa, kami sekolah memberikan wadah kepada siswa yaitu kegiatan Ekstrakuikuler. Banyak ekstrakulikuler yang ada di SMA Negeri 1 Banyumas antara lain : Paskibra, Pramuka, Rohis, English Club, Drumband, PIK, Futsal, Volly, Basket, Karate, Atletik, Tari Tradisional, Tari Modern, Band, Paduan Suara, katanya.

SMA Negeri 1 Banyumas Pernah mendapat Apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu yaitu Bapak Heri Iswayudi, M.Ag. pada waktu itu Pentas Seni di Pendopo Pringsewu mendapat julukan sekolah seni.

Sementara itu, IG. Takatno, S.Pd Guru Seni SMAN 1 Banyumas yang ikut merintis sejak awal berdirinya SMAN 1 Banyumas pada kepemimpinan Bapak Aris Wiranto, S.Pd.MM, di tahun 2010, menerangkan bahwa kegiatan siswa di sekolah ini yang menjadi unggulan adalah olahraga dan seni. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya piala kejuaraan dibidang olahraga dan seni yang telah diperolehnya. Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya pemecah rekor mendapatkan kejuaraan disetiap event adalah bidang seni baik di Band, solo song, maupun seni tari dan modern, ujar pak takat sapaan akrabnyaā€¯.

Dengan kegiatan Jumat Kreatifitas seni ini dapat mengeksplor potensi-potensi siswa, khususnya bidang seni. Pada penampilan hari ini kolaborasi antara seni bela diri, tradisional dan modern. Sehingga dapat melestarikan budaya bangsa, dan menjaga keutuhan NKRI, tutupnya. (Wagiman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here