
edukatif seputar pengelolaan keuangan (13/03).
Medan.prioritas.co.id – Sebagai bagian dari Astra Financial, PT Federal International Finance (FIFGROUP) berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. KLiK Astra Financial merupakan program kolaborasi Corporate Social Responsibility (CSR) Astra Financial dengan keempat lini bisnisnya, termasuk FIFGROUP, dalam upaya memperluas edukasi keuangan bagi masyarakat.
Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan, FIFGROUP hadir dalam rangkaian KLiK Astra Financial melalui FIFGROUP Pintar sebagai narasumber dalam talkshow bertajuk “Dasar-Dasar Pengelolaan Keuangan” yang berfokus pada edukasi keuangan bagi guru dan pelajar.
Komitmen FIFGROUP dalam mendukung literasi keuangan juga sejalan dengan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) dan program Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Acara yang berlangsung di Adora Convention, Medan pada Kamis, 13 Maret 2025 ini menghadirkan Drs. Harmain, M.Pd, seorang pengajar sekaligus tokoh Perkumpulan Amal Bakti sebagai moderator.
Sementara itu, dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara, hadir Bapak Yovvi Sukandar, selaku Deputi Direktur Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen.
Dalam sesi talkshow ini, Branch Head FIFGROUP Cabang Binjai, Helmi Nurizal sebagai narasumber menegaskan bahwa perencanaan keuangan adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan finansial.
Setiap individu perlu mengelola penghasilannya dengan bijak agar dapat memenuhi kebutuhan pokok sekaligus menabung untuk masa depan. Selain itu, risiko finansial seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan, atau kebangkrutan dapat terjadi kapan saja, sehingga strategi keuangan yang matang menjadi sangat penting.
Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah pembuatan anggaran yang ideal, dengan prinsip 50-30-20, yaitu:
50% untuk kebutuhan pokok (makan, tempat tinggal, dan transportasi)
30% untuk kebutuhan sekunder (hiburan, rekreasi, dan pengembangan diri)
20% untuk tabungan dan investasi, guna menjamin stabilitas finansial di masa depan
Dengan strategi ini, diharapkan peserta yang hadir dapat menghindari utang konsumtif dan memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi tak terduga.
Penghasilan setiap bulan sebaiknya dialokasikan ke dalam pos-pos pengeluaran dengan komposisiideal. Penghasilan ini sebaiknya tidak dihabiskan untuk konsumsi semata. Jika seseorang tidak memiliki utang, maka berita baiknya, alokasi penghasilan ini dapat dialihkan ke pos tabungan atau investasi guna membangun masa depan yang lebih stabil,” tutur Helmi.
Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2024, indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 65.4%, sementara indeks inklusi keuangannya mencapai 75%.
Melihat pencapaian tersebut, langkah-langkah strategi untuk memperluas pemahaman dan akses masyarakat Indonesia terhadap layanan keuangan harus terus diupayakan secara berkelanjutan agar tercapai pemerataan pemahaman dan akses finansial yang lebih baik di seluruh lapisan masyarakat.
OJK berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya dalam ruang lingkup syariah pada bulan Ramadhan ini guna memperluas pemahaman serta penggunaan produk dan layanan keuangan berbasis syariah di masyarakat. Upaya ini diwujudkan melalui Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) 2025, yang mengusung tema ‘Ramadan Bermakna bersama Keuangan Syariah’ujar Yovvi.
Sebagai bagian dari rangkaian KliK Astra Financial, FIFGROUP juga turut memberikan grandprize berupa hadiah Umrah kepada satu peserta beruntung yang hadir dalam acara ini. Azqal Azkia, seorang guru Informatika di salah satu SMP di Medan, menjadi penerima hadiah Umrah gratis yang diberikan oleh FIFGROUP.
Menerima hadiah istimewa ini, Azqal Azkia mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaannya. ”Saya sangat terkejut dan tidak menyangka akan mendapatkan hadiah Umrah ini. Terima kasih kepada FIFGROUP atas kesempatan luar biasa ini. Ini adalah impian yang akhirnya menjadi kenyataan, dan saya sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk beribadah ke Tanah Suci,” tutur Azqal dengan manahan haru.
Melalui partisipasi aktif dalam KLiK Astra Financial, FIFGROUP berharap dapat berkontribusi dalam membangun ekosistem keuangan yang lebih inklusif dan berkelanjutan, serta mendorong peningkatan literasi keuangan di Indonesia.
Tentang PT Federal International Finance:
PT Federal International Finance merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel terbesar di Indonesia.
Tepat 1 Mei 2013 Perseroan melakukan proses rebranding dengan meluncurkan new identity berupa logo baru berbentuk sidik jari dan penyebutan nama perseroan menjadi FIFGROUP yang merupakan grup manajemen dari FIFASTRA untuk pembiayaan sepeda motor Honda, SPEKTRA untuk pembiayaan alat elektronik dan perabot rumah tangga, DANASTRA melayani pembiayaan multiguna, FINATRA yang merupakan brand service terbaru FIFGROUP menyediakan layanan pembiayaan usaha mikro dan AMITRA yang melayani pembiayaan syariah porsi Haji, Umrah, dan pembiayaan syariah lainnya. FIFGROUP merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor dan elektronik terbesar di
Indonesia dengan jumlah jaringan yang mencapai 1.600 kantor cabang. (**)