Cision Menyatukan Layanan Humas, Pengelolaan Media Sosial dan Analisis Konsumen Digital dengan Mengakuisisi Brandwatch

0
111
Cision mengumumkan kontrak definitif untuk mengakuisisi Brandwatch.

Prioritas.co.id.CHICAGO dan BRIGHTON, Inggris – Cision, induk usaha PR Newswire, pada 26 Februari, mengumumkan kontrak definitif untuk mengakuisisi Brandwatch, pemimpin layanan analisis data konsumen digital (digital consumer intelligence) dan pemantauan media sosial (social media listening), senilai $450 juta.

Aksi strategis ini akan menggabungkan dua pemimpin industri, dan menghadirkan berbagai manfaat penting dari fitur-fitur kedua pihak yang saling melengkapi. Dengan demikian, humas (hubungan masyarakat), pemasaran, dan interaksi konsumen digital masa depan dapat terwujud.

Kekuatan transformasi digital dikuasai sejumlah perusahaan dan manajemen yang mendengarkan dan cepat memanfaatkan analisis digital tentang konsumen. Perusahaan-perusahaan terkemuka segera beradaptasi dan memakai analisis tersebut guna menciptakan beragam komunikasi yang sesuai kebutuhan dan autentik.

Kalangan perusahaan ini juga secara langsung menjangkau para pelanggan dengan skala memadai. Peralihan paradigma telah terjadi pada strategi-strategi humas, pemasaran, dan layanan pelanggan yang hadir seketika, serta berorientasi pada pelanggan. Peralihan tersebut akan terus berlangsung cepat, dan menjadi daya saing perusahaan-perusahaan yang mampu bertindak secara gesit.

Cision adalah pemimpin layanan distribusi berita serta pemantauan dan analisis media. Cision memiliki bank data kontak media yang mencakup sekitar satu juta jurnalis dan media berita, serta lebih dari 75.000 pelanggan. Sementara, Brandwatch bekerja sama dengan ribuan merek yang paling dikagumi di dunia. Brandwatch juga memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning demi menyusun struktur dan makna dari aspirasi miliaran pengguna media sosial.

Cision dan Brandwatch merupakan perpaduan menarik. Secara bersama-sama, kedua pihak akan menyajikan analisis konsumen dan media. Dengan demikian, berbagai merek dan organisasi dapat menyusun strategi interaksi pelanggan secara lebih efektif, mulai strategi humas dan pemasaran, hingga riset dan pengembangan produk. Baik tim yang berhubungan dengan kalangan jurnalis dan influencer, tim yang mengelola kampanye media sosial, tim yang mengembangkan brand messaging atau melakukan riset mendalam tentang perilaku konsumen, semuanya kelak memiliki analisis seketika (real-time insight) dan analisis tren jangka panjang yang dapat mengarahkan mereka.

“Transformasi digital dan penggunaan media sosial secara masif terus berlanjut. Kedua tren ini secara drastis dan fundamental mengubah interaksi merek dan perusahaan dengan pelanggan mereka,” jelas Abel Clark, CEO, Cision.

“Hal-hal tersebut mengharuskan tim-tim humas, pemasaran, media sosial, dan layanan pelanggan untuk memakai analisis yang baik, dan kini tersedia bagi strategi-strategi yang berorientasi pada pelanggan. Secara bersama-sama, Cision dan Brandwatch akan membantu klien-klien untuk lebih memahami, menjangkau, dan menguasai interaksi pelanggan dengan skala memadai pada setiap kanal.”

“Kami selalu membangun Brandwatch dengan ambisi. Hal ini mendapat pengakuan dari Forrester yang baru saja menobatkan kami sebagai pemimpin industri,” kata Giles Palmer, Pendiri dan CEO, Brandwatch.

“Kini, saatnya kami melanjutkan langkah—bergabung dengan sebuah perusahaan yang memiliki skala luas untuk menciptakan bisnis dan rangkaian produk yang berdampak besar secara global. Kami gembira bergabung dengan Abel dan tim Cision guna meningkatkan kiprah Brandwatch, serta menghadirkan nilai tambah yang lebih besar bagi para klien.”

Brandwatch dinobatkan sebagai Pemimpin Industri dalam “The Forrester Wave™: Social Listening Platforms, Q4 2020”

Akuisisi ini diperkirakan selesai pada Triwulan II-2021.

Macquarie Capital menjadi penasihat keuangan Brandwatch dalam transaksi tersebut. Sementara, Cooley LLP menjadi penasihat hukum Brandwatch.

Gibson, Dunn & Crutcher LLP menjadi penasihat hukum di bidang M&A, sementara, Willkie Farr & Gallagher LLP menjadi penasihat hukum di bidang pendanaan, serta Latham & Watkins LLP menjadi penasihat regulasi bagi Cision.

Tentang Brandwatch
Brandwatch adalah rangkaian layanan analisis konsumen digital (digital consumer intelligence) yang menjadi pelopor industri global. Produk-produk Brandwatch didukung kecerdasan buatan (AI), dan mampu memantau media sosial serta menganalisis pemasaran konten (content marketing).

Sederet produk ini membantu lebih dari 2.000 merek dan agensi yang paling dikagumi di dunia dalam mengambil keputusan berdasarkan analisis dan data. Brandwatch mencakup platform pemasaran konten terkemuka BuzzSumo. Brandwatch memiliki 10 kantor di seluruh dunia, dan berkantor pusat di Brighton, Inggris.

Tentang Cision
Sebagai pemimpin global dalam teknologi dan analisis humas, pemasaran, serta pengelolaan media sosial, Cision membantu berbagai merek dan perusahaan untuk mencari, menjangkau, dan menjalin interaksi pelanggan serta pemangku kepentingan demi mewujudkan kinerja bisnis.

PR Newswire memiliki jaringan yang mencakup lebih dari 1,1 miliar influencer, pemantauan mendalam, analisis, dan rangkaian solusi premium untuk media sosial Falcon.io. Cision memiliki berbagai kantor di 24 negara yang tersebar di Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, serta Asia Pasifik. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai solusi Cision yang memenangi penghargaan, termasuk Cision Communications Cloud® terbaru, silakan mengunjungi www.cision.com dan mengikuti akun Twitter @Cision. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here