Bumdes Pekon Sumber Agung Tepat Sasaran

0
193

Prioritas.co.id.LAMPUNG BARAT – BUMDes diharapkan dapat menjadi lembaga ekonomi yang menjadi kunci untuk memicu pergerakan ekonomi desa ke depan. Di dalamnya terdapat aspek pemberdayaan secara utuh, tidak hanya pemberdayaan ekonomi, melainkan juga pembangunan kelembagaan, penguatan kapasitas SDM dan manajerial, pengembangan jejaring ekonomi dan hilirisasi ekonomi.

Diungkap oleh Joko Purnomo Peratin Pekon Sumber Agung, Kecamatan Suwoh, Kabupaten Lampung Barat, masing-masing di Pekon Sumber Agung memiliki peluang yang berbeda. Joko mencontohkan BUMDEs di wilayahnya, setelah melalui beragam tahapan BUMDes Pekon Sumber Agung kini telah berjalan. Dengan perkembangan itu, lanjut Wayan, BUMDes di wilayahnya kini memiliki beberapa unit usaha dan layanan,”Jelas Joko.“Sekarang Pekon Sumberagung kemiskinan dan pengangguran sudah berkurang. Di Pekon ini, berbagi selalu mengadakan usaha dengan berbagai macam keuntungan, Dalam kurun waktu 3 tahun ini, Bumdes Pekon kami sudah disertakan modal 145 juta, menyangkut di beberapa bidang usaha diantaranya ada simpan pinjam dan sementara ini, Bumdes Sumber Agung kami prioritaskan diperuntukkan bagi usaha mikro/rumahan, bidang jual beli hasil tani, dan produksi batu split. Sementara Kegiatan usaha produksi batu seplit, baru berjalan selma satu bulan Bahan dibeli dari masyarakat sebesar 100.000 /M³, selain terciotanya lapangan pekerjaan, kegiatan jual beli batu seplit ini diharap dapat dan mengurangi pedangkalan sungai dipekon kami”papar Joko.

Dengan adanya kegiatan jual batu seplit, ini merupakan harapan masyarakat menggantungkan hidup, dan ini sangat membantu masyarakat.” pungkas Joko.

Ditambahkan Pemangku Sinar Sari, pekerjaan batu spelit ini dikerjakan secara bergantian dengan gaji pekerja 70 ribu,Ukuran 1/2 d jual 350.000, 2/3 dan 3/5 dijual 325.000, ini diharap dapat menciptakan lapangan pekerjaan warga sehingga tidak ada kagi masyarakat yang menganggur.”Jelas pemangku.

Serupa disampaikan pula Oleh Katini (32) ibu rumah tangga yang merupakan salah satu penerima program PKH. Dikatakan program Bumdes Pekon Sumber Agung, ini selah mengembangkan kearifan lokal masyarakat.” Ucap Kartini. (Mery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here