Begini Alasan Para Pasien ODGJ Dipulangkan ke Kijang

0
226
Tampak pihak RSJKO Engku Haji Daud Tanjunguban Bintan (Kiri) sedang memberikan edukasi usai pengantaran pulang para ODGJ di Kijang.

Bintan,prioritas.co.id – Baru-baru ini, ada belasan Orang Dalam Gangguan Jiwa (OGDJ) di kawasan Kecamatan Bintan Timur telah dievakuasi untuk dilakukan perawatan dekat Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban, Rabu (16/08/2023).

Seperti yang diketahui bersama bahwa dalam kesempatan tersebut, evakuasi massal merupakan bagian dari rangkaian program kesehatan jiwa masyarakat yang dilakukan rumah sakit dan bersinergi antara lain dengan Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Pemerintah Kantor Kelurahan Kijang Kota.

Hal diatas dibenarkan langsung oleh Ketua Tim Intervensing Krisis RSUD Haji Daud Tanjunguban, Ns. Yanti Girsang, M.Kep, Sp.Kep.J sembari menegaskan rencananya ada 12 orang pasien mau dijemput bawa ke rumah sakit tapi pada saat prosesnya disini satu orang menolak. Kemudian, juga rencananya 1 orang diantar sama Dinkes ya ada penolakan serupa.

” Total ada sepuluh pasien yang dirawat. Nah, dari 10 ini ada yang sudah pulang Minggu kemarin dan hari ini ada tujuh orang yang kondisinya sudah memungkinkan pulang. Masih ada 2 orang lagi di ruangan sudah ada perbaikan tapi memang masih bisa lebih bagus lagi intinya rencananya dirawat dulu sampai benar-benar pulih hingga berobat jalan, ” Ujar Yanti Girsang menjawab konfirmasi awak media di daerah Kabupaten Bintan baru-baru ini.

Masih sambungnya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau siang hari tepat pada pukul 14.14 Wib beberapa hari lalu, ke tujuh orang ini dilihat sudah pulih tinggal selanjutnya follow up dari keluarga, kader atau aktivis ODGJ, Puskesmas & Dinkes. Tetap pengawasan makanya dilibatkan kader serta Puskesmas kesini.

” Kami mengucapkan terimakasih kepada RSJKO Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban atas pemulangan ini, harapannya dari keluarga ada pemantauan untuk minum obatnya agar tidak putus. Iya, kegiatan serupa akan terus dilaksanakan karena baru sebagian yang dipulangkan, ” Ungkap Kepala seksi (Kasi) Pelayanan Sosial Anak dan Lanjut Usia Dinsos Bintan, Roro Novia Ngesti ketika dimintai tambahan komentarnya. (Alek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here