Pemkab Madina akan Kirimkan 150 Peserta Penas KTNA ke XVI di Padang

0
41
Kadis Pertanian Madina Siar Nasution memberi pengarahan kepada peserta Penas.

Mandailing Natal.Prioritas.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) akan mengirimkan 150 peserta untuk mengikuti Pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andala (KTNA) Tahun 2023 dilaksanakan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 10-15 Juni 2023.

Hal itu disampailan Kadis Pertanian Madina Siar Nasution saat membuka rapat finalisasi keberangkatan bersama peserta Penas Tahun 2023 pada Senin (05/06/2023) di Aula Ladang Sari Panyabungan.

” sebanyak 150 orang yang akan berangkat pada Jumat (09/06/2023) mendatang. Semuanya tergabung dari kelompok tani, nelayan, penyuluh dan rombongan Dinas Pertanian. Menurut informasi, Bupati Madina juga dijadwalkan akan hadir mengikuti acara tersebut,”jelasnya.

Sihar juga menjelaskan, mengenai tata tertib berikut juga tentang persiapan dan teknis dalam acara, agar peserta tidak kelabakan saat sudah tiba di lokasi.

“Akan ada Gelar teknologi untuk memperkenalkan Teknologi Tepat Guna yang berasal dari Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Swasta dan BUMN; dan Meningkatkan penguasaan pengetahuan dan teknologi tepat guna bagi petani dan nelayan,” terang Sihar.

Sihar juga berpesan kepada peserta untuk dapat menjaga nama baik Kabupaten Mandailing Natal.

“Pesan kami, jagalah nama baik Kabupaten Mandailing Natal, salah satunya dengan tidak meninggalkan acara. Tunjukkan prestasi dan saling berbagi ilmu dengan peserta lainnya. Apalagi setiap daerah kan ada plus-minusnya seperti kontur tanah, iklim dan lain sebagainya, di sinilah kesempatan kita berbagi ilmu dan menambah wawasan,” pesan Sihar.

Informasi dihimpun, selain Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Presiden Ir. Joko Widodo juga akan hadir dan diagendakan membuka acara tersebut.

Dikutip dari situs resmi Pemprov Sumbar dan situs resmi Yess Kementan, Penas merupakan agenda yang dihelat setiap 3 tahun yang dilaksanakan sebagai forum sosialisi menambah wawasan dan juga gairah para petani Indonesia. Dan untuk Tahun 2023, pelaksanaan bertempat di Kota Padang dengan mengusung tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” yang diperkirakan total pesertanya berkisar 30 ribu sampai 50 ribu orang. (Putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here