Ramadhan Warga dan Pelajar Salat Subuh Berjamaah di Masjid Semakin Ramai

0
34
Prioritas.co.id.Mandailing Natal – Jumlah warga dan para pelajar di Mandailing Natal, Sumut yang melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid pada pekan kedua di bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah semakin banyak.

Berdasarkan pantuan di masjid yang ada di sejumlah kecamatan, pada Minggu (2/2/2023), animo masyarakat serta kaum pelajar melaksanakan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 12 Tahun 2022 tentang Salat Subuh Berjamah di Masjid kian baik.

Kehadiran para aparatur sipil negara (ASN), camat, korwil pendidikan, kepala-kepala sekolah dan guru tingkat SD serta SMP di masjid-masjid membuat suasana tempat ibadah muslim tersebut makin meriah pada bulan Ramadan ini.Apalagi dengah kehadiran anak-anak seusia tingkat SD dan SMP.

“Alhamdulillah animo masyarakat makin meningkat. Ini berkat sosialisasi yang terus kami lakukan,” kata Sofyan S.Ag., camat Ranto Baek, Madina.

Peran wali murid dalam mendukung program salat subuh berjamaah di masjid sesuai himbauan pemkab makin terlihat. Mereka sadar, selain dalam rangka mendidik anak lebih taqwa terhadap Allah swt, juga dalam rangka menata mereka supaya lebih disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

“Apalagi setelah salat subuh ada kultum, membaca Al Quran dan hafalan ayat-ayat pendek. Pastinya, tentu supaya mereka tidak tidur terlalu larut malam meskipun malam Minggu lantaran paginya harus bangun pagi melaksanakan salat subuh,” kata Sofyan.

Di Masjid Al Anwar, Desa Malintang Julu, Kecamatan Bukit Malintang, suasana salat subuh berjamaah pada Minggu pagi ini juga cukup ramai. Apalagi cuaca cukup cerah. “Memang kalau hujan, jumlah jemaah yang datang ke masjid agak berkurang,” kata seorang warga.

Camat Hutabargot Miswar Husin mengatakan kegiatan salat subuh berjamah di masjid-masjid di wilayah kerjanya diawasi dan dibimbing guru masing-masing sekolah.

“Usai salat subuh berjamaah kami isi tausiah keagamaan mengenai budi pekerti dan pemahaman keagamaan bagi anak-anak,” katanya.

Bupati Madina H.M. Jafar Sukhairi Nasution dalam setiap menyampaikan sambutan pada acara tertentu terus mengajak serta mengimbau para ASN dan pelajar meramaikan masjid setiap subuh.

“Ajak juga warga sekitar supaya sama-sama ke masjid. Buat kegiatan yang mampu menggugah anak-anak tertarik ke masjid,” katanya.

Sekdakab Madina Alamulhaq Daulay yang dihubungi melalui sambungan telepon pada, Minggu (2/3-2023), mengatakan berdasarkan laporan yang dia terima dari setiap kecamatan, jumlah warga, pelajar dan ASN yang melaksanakan salat subuh di masjid terus mengalami peningkatan.

“Mudah-mudahan suasana seperti bulan Ramadan ini dapat terus kita pertahankan. Karena itu, dukungan para kepala sekolah, pihak kecamatan dan seluruh ASN sangat berarti dalam mendukung pelaksanaan perbub salat subuh berjamaah,” katanya. (putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here