Kapolda Sumsel Apresiasi Pilot dan Crew Bantu Evakuasi Kecelakaan Heli di Jambi

0
43

Prioritas.co.id.Palembang – Kapolda Sumsel Irjen memberikan apresiasi kepada Pilot, Copilot dan Crew Helikopter Polri Bell 429 P-3202 BKO Polda Sumsel yang turut membantu misi penyelamatan dan evakuasi korban jatuhnya Helikopter Polri Bell 421 SP Register P-3001 di wilayah Polda Jambi.

Ucapan selamat dan apresiasi di sampaikan Irjen A.Rachmad Wibowo bertempat di lapangan komplek Pakri Palembang, Jum’at (24/02)

“Kabid humas Polda Sumsel Kombes Supriadi menegaskan, Kapolda Irjen A.Rachmad Wibowo memberikan apresiasi kepada Pilot,copilot dan Crew helikopter Polri Bell 429 P-3202 BKO Polda Sumsel.”Terangnya.

Ada 4 personil Polri yang mengendalikan helikopter Polri Beĺl 429 P-3202 yakni, Kompol Prasetyo Wibowo (Capten pilot) Iptu Tri Husada (co pilot) Ipda Jhon Siraid (Mekanik) dan Bripka Cristiandy (mekanik)

Proses evakuasi berhasil dilaksanakan dalam tiga tahap, semua korban dan tim selamat,
ADC Briptu Muhardi Aditya (Penumpang), Copilot AKP Amos Freddy P. Sitompul (Awak)
Dir Polairud Kombes Michael Mumbunan (Penumpang), Dirreskrimum Kombes Andri Ananta Yudhistira (Penumpang) tahap pertama.

Selanjutnya tahap kedua pilot AKP Ali Nurdin S.Harahap (Awak) dan kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono (Penumpang) kemudian Koorspripim Kompol Ayani (penumpang), dan Mekanik Aipda Susilo (Awak).

“Kapolda Jambi dan rombongan terbang dari Jambi ke Kerinci pukul 09.25 WIB dalam rangka kunjungan kerja”.

Jam 11.02 Wib helikopter tersebut jatuh di titik koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” di Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci semua korban selamat diantaranya mengalami luka termasuk Irjen Rusdi Hartono.

Mendapat khabar tersebut tim penyelamat bergerak cepat namun proses evakuasi terhambat karena faktor alam hutan yang lebat dan cuaca buruk dan tebal.

“Enam helikopter dikerahkan untuk mengevakuasi Kapolda berserta rombongan termasuk helikopter Polda Sumsel, beberapa kali gagal mendekat ke lokasi, namun akhirnya terlaksana baik dan sukses,” ucap Supriadi.

Setelah tiga hari semua korban berhasil di evakuasi di bawa di RS Bhayangkara Jambi guna mendapat perawatan selanjutnya kapolda Jambi dan ajudannya menggunakan pesawat khusus di bawah ke Jakarta untuk mendapat perawatan lebih intensif di RS Polri Kramat Jati

Terkait penyebab kecelakaan Supriadi melanjutkan Kapolri telah berjanji akan melakukan evaluasi, heli tersebut di gunakan 2003 oleh Polri dalam kondisi baik, sebelum di terbangkan, semoga Kapolda dan anggotnya segera pulih dapat beraktivitas kembali, tutupnya. (Iskandar Mirza)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here