Gubernur Sumsel akan Keluarkan Pergub Tentang Kelapa Sawit

0
55

Palembang,Prioritas.co.id – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta Apkasindo bangun pabrik minyak. Hal ini di sampaikan Herman Deru saat pengukuhan dewan pengurus wilayah (DPW) asosiasi petani kelapa sawit Indonesia (Apkasindo) sumsel di hotel Aston Palembang, Sabtu (06/08).

“Saya dorong Apkasindo membangun pabrik minyak cari tempat yang strategis saya akan keluarkan peraturan Gubernur (Pergub) turunan dari permen,” ujar Herman Deru saat pidato.

Hal ini sangat penting dengan lahan kelapa sawit yang luas 1,4 juta hektar di Sumsel sangat di butuhkan pabrik minyak kelapa sawit dari Apkadindo.

Penduduk sumsel 8 juta lebih lahan sawit sangat luas petaninya banyak, jadi sudah sewajarnya ada pabrik minyak goreng dari kelapa sawit yang di bangun pengurus apkasindo yang baru terpilih.

“Herman Deru juga meminta kepada petani sawit agar selalu menjaga jalan kabupaten kota jangan membawa kelapa sawit melebihi tonase agar jalannya tidak rusak dan masyarakat mengalami kesulitan transportasi.”Ucapnya.

Usai pengukuhan pengurus Dpw Apkasindo 2022 – 2027 dengan tema penguatan kelembagaan dan kemitraan kelapa sawit rakyat di lakukan seminar dengan nara sumber dari Dirjen perkebunan kementerian pertanian serta dinas pertanian Sumsel.

Seminar dan diskusi bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan petani kelapa sawit agar susuai mekanisme dan berhasil dalam pelaksanaannya bisa bersinergi dengan organisasi stake holder dan pemerintah.

“Ade Sunar Dirjen perkebunan kementerian pertanian mengatakan, terkait disparitas harga petani mandiri atau swadaya dengan perusahaan terjadi akibat beda kualitas bibit.”Ungkapanya.

Petani jangan menggunakan bibit sembarangan, gunakan bibit yang berkualitas dan bermutu agar hasilnya buah sawit yang baik bisa di terima perusahaan karena pemerintah telah mengeluarkan regulasi terkait harga. tambahnya.

Kalin (52) petani sawit swadaya anggota apkasindo dari pulau Rimau Banyuasin mengharapkan kepengurusan Apkasindo yang baru bisa memperjuangkan aspirasi anggota khusunya terkait harga.

“Tiga persoalan penting petani kelapa sawit mandiri atau swadaya adalah soal harga kelapa sawit pupuk dan transportasi atau jalan kami, kelapa sawit kami tidak di terima perusahaan otomatis di jual ke pengepul/tengkulak,”Jelasnya.

Akibatnya tidak ada harga standar atau tetap, namun tengkulap bisa menjual ke perusahaan, petani mengikuti harga itu karena tidak.ada pilihan lain muda mudahan kalau nanti kalau ada pergub masalam ini bisa di atasi, lanjut Kalin.

Sedangkan ketua DPW Apkasindo Sumsel terpilih Selamat Sumosentono mengatakan berbagai program lima (5) tahun kedepan telah di rencanakan.

“Rencana waktu dekat kita mengharapkan stabilitas harga kelapa sawit antara petani dan perusaan tetap stabil tidak terlalu jauh, Ini perjuangan petani yang harus kami perjuangkan ada ribuan petani sawit di Sumsel aspirasi mereka harus di perjuangan Apkasindo. ‘Tutupnya. (Iskandar Mirza)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here