Polres Tapsel Gelar Rakor Terkait Pengamanan Calon Jamaah Haji Tahun 2022

0
45
Wakapolres Tapanuli Selatan Kompol Rahman T Harahap, pimpin rapat pemberangkatan calon Jamaah Haji 2022 di aula Pratidina Polres Tapsel, Rabu (15/6/2022).(ist)

Tapsel, Prioritas.co.id – Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Roman Smaradhana Elhaj, yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol Rahman T Harahap, memimpin rapat koordinasi (Rakor) terkait pengamanan rencana pemberangkatan calon jamaah Haji tahun ini, Rabu (15/6/2022) pagi, di Aula Pratidina Mako Polres Tapsel.

Usai pelaksanaan Rakor, Wakapolres menjelaskan, adapun jumlah calon jamaah Haji dari Kabupaten Tapsel sebanyak 83 orang yang terdiri dari 31 laki-laki dan 52 perempuan. Sedangkan, calon jamaah Haji dari Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sebanyak 140 orang terdiri dari 67 laki-laki, 73 perempuan, 1 PHD, dan 1 Ketua Kloter.

Untuk pemberangkatan calon jamaah Haji Kabupaten Tapsel menuju asrama, sebut Wakapolres, direncanakan pada Minggu (19/6/2022) malam dari Masjid Agung Syahrun Nur dan diperkirakan tiba di Kota Medan pada Senin (20/6/2022) pagi.

“Dan untuk pemberangkatan calon jamaah Haji dari Kabupaten Paluta, direncanakan pada Minggu (19/6/2022) sore serta diperkirakan tiba di Asrama Haji Kota Medan pada Senin (20/6/2022) pagi,” jelas Wakapolres.

Wakapolres menerangkan, untuk armada atau bus yang akan turut di rombongan calon jamaah Haji dari Kabupaten Tapsel sebanyak 12 unit yang terdiri dari 5 unit Bus Pemda, 1 unit mobil Patwal, 1 unit mobil Ambulans, 1 unit mobil Patwal Dinas Perhubungan, 1 unit mobil Satpol PP, dan 3 unit mobil pendamping.

“Sementara, lanjut Wakapolres, untuk bus atau armada yang akan turut di rombongan calon jamaah Haji dari Kabupaten Paluta sebanyak 6 unit yang terdiri dari 1 unit mobil Patwal, 1 unit mobil Ambulans, 1 unit mobil Patwal Dinas Perhubungan, serta 1 unit Truk pembawa koper,” imbuhnya.

Wakapolres berharap, agar kiranya nanti keluarga pendamping masing-masing tidak menyertai calon jamaah Haji. Lalu, di lokasi parkiran agar dilakukan pengamanan serta masing-masing rombongan kendaraan, baik itu bus atau armada calon jamaah supaya diberi tanda maupun stiker.

Dia juga berpesan, agar seluruh kendaraan yang turut dalam rombongan dilakukan uji kelayakan serta supir gang membawa calon jamaah Haji dipilih yang sudah berpengalaman. Guna kelancaran arus lalu lintas pihaknya berharap agar personel Polres Tapsel berkoordinasi dengan wilayah hukum setiap Polres yang dilalui.

“Mudah-mudahan, rencana pemberangkatan calon jamaah Haji tahun ini dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif,” tutup Wakapolres. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here