Kondisi Genting, Kepri Butuh Bank Darah

0
190
Ketua PMI Kepri, Isdianto.

Bintan, Prioritas.co.id – Pada beberapa waktu yang lalu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Pemko Tanjungpinang, Elfiani Sandri sudah mengapresiasi donor darah akbar yang digelar Komunitas Pendonor Darah Provinsi Kepulauan Riau (Kopdar Kepri), Sabtu (11/06/2022).

Dalam keterangan Sandri lewat rekanan menyampaikan bahwa harapannya dengan kegiatan kala itu semakin banyak lagi masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Selain dapat membantu orang yang membutuhkan juga akan menyehatkan bagi para pendonor. Hal senada diaminkan oleh Ketua Kopdar Kepri, Suryani.

Menurut Suryani, Donor darah merupakan kegiatan rutin dari pihaknya dan dilaksanakan per-tiga bulan sekali. Bertujuan untuk membantu supaya stok darah di PMI Tanjungpinang selalu tersedia sembari menargetkan 500 kantong darah terkumpul. Apalagi, Kebutuhan darah di Tanjungpinang dan Bintan tergolong tinggi. Satu rumah sakit bisa membutuhkan darah berkisar 10 hingga 30.

” Kalau untuk di Kota Batam kita tidak khawatir, Darah sebanyak apapun dapat disimpan karena ada Bank darah tapi jika di Tanjungpinang kan tak bisa banyak sekali simpan. Kapan dibutuhkan baru dikejar, ” Ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kepri, H. Isdianto, S.Sos, MM ketika dijumpai di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kabupaten Bintan kemarin.

Masih sambungnya, Kedepan pihaknya sudah menyurati Pusat supaya di wilayah Kepri dibuat Bank darah sendiri. Sehingga kapanpun dibutuhkan tetap selalu ada stoknya, Diharapkan dengan kondisi sekarang belum memadai dan kebutuhan kapan saja. Dirinya meminta mohon pengertian masyarakat untuk secara sukarela mendonorkan darahnya.
(Alek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here