Pertengahan Puasa, Sejumlah Harga Bahan Pokok Naik di Madina

0
121
Kadis Perdagangan Madina Jhon Amriadi

Mandailing Natal,prioritas.co.id – Pertengahan bulan suci ramadhan 1443/2022, Sejumlah bahan pokok di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), mengalami kenaikan harga.

Informasi tersebut diperoleh dari daftar Harga Bahan Pokok hasil dari pantuan Dinas Perdagangan Madina di Pasar Baru Panyabungan, senin (18/4/2022).

Berapa harga bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti daging ayam broiler Rp 30.000 perkilogram, naik Rp 1.000 pekilogram. Cabe merah biasa Rp 35.000 perkilogram, naik Rp 3.000 perkilogram. Cabe rawit hijau Rp 30.000 perkilogram naik Rp 5.000 perkilogran. Bawang merah Rp 32.000 perkilogran, naik Rp 2.000 perkilogram. Kacang kedelai eks impor Rp 500 perkilogram.

Semenatara bahan pokok yang mengalami penurunan harga terjadi pada minyak goreng curah dari harga Rp 16.000 perliter menjadi Rp 14.400 perliter.

Kadis Perdagangan Madina Jhon Amriadi mengatakan kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Madina karena mekanisme pasar.

“Bahan pokok yang mengalami kenaikan pasokannya dari luar Madina, mungkin karena ini bulan ramadhan menjelang Idul Fitri pasokan menjadi berkurang. Pantuan kita harga yang naik ini karena, mekanisme pasar,”kata Jhon Amriadi kepada wartawan, senin (18/4/2022).

Jhon mengaku akan terus melakukan pemantauan terhadap harga dan ketersedian bahan pokok di Madina.

“kita akan terus turun ke lapangan memantau harga bahan dan ketersediaan bahan pokok di bulan suci ramadhan sampai Idul Fitri nanti,” sebutnya.

Untuk minyak goreng curah saat ini, kata jhon sedang mengalami penurunan menjadi Rp 14.400 perliter.

“mengenai minyak goreng curah ini, kita dari Dinas Perdagangan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut, dan PTPN IV, alhamdulillah berkat koordinasi itu harga bahan minyak goreng curah di Madina bisa turun dari Rp 16.000 perliter menjadi Rp 14.400 perliter.

Kadis Perindag Jhon Amriadi mengaku, dalam waktu dekat akan melakukan pasar murah minyak goreng curah yang bekerjasama dengan PTPN IV. Jhon juga menyebutkan Dinas Perdagangan Madina akan terus berupaya untuk menjadikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng di Madina.

Dan saat ini pemasokan minyak goreng curah di Madina ada tiga. (putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here