Diduga Oknum Warga Kampung Kolong Enam Sengaja Bakar Lahan

0
278
Tampak armada Damkar Bintim sedang padamkan api di kawasan Kampung Kolong Enam dengan wilayah padat perumahan.

Prioritas.co.id.Bintan – Belum lama ini, Kembali oknum warga pemilik kavlingan diduga dengan sengaja membakar lahannya lalu meninggalkan begitu saja tanpa dijaga atau diawasi. Kejadian tersebut terjadi di daerah Kampung Kolong Enam, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kamis (24/03/2022).

Seperti diketahui bersama bahwa luas lahan tersebut memang tidak terlalu besar hanya setengah hektar saja bagian yang terbakar. Tampak di lokasi tim Satgas Karhutla setempat bersama personil armada Damkar Bintim secara sigap melakukan pemadaman bahu – membahu.

Kabar dimaksud dibenarkan langsung oleh Kepala UPTD Damkar Bintim, Nurwendi, S.Sos yang datang kesana turut memimpin rekan-rekannya menghentikan laju kobaran api yang menyala-nyala. Menurutnya, Tidak sampai satu hektar.

” Jika dibiarkan atau terlambat sedikit saja bisa membahayakan karena dekat sekali dengan permukiman warga, ” Ujar Nurwendi di hadapan Ketua RW maupun masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan pemadaman.

Bahkan, Tadi pukul 12.22 Wib kembali juga terjadi Karhutla di kawasan jalan Wacopek, Kelurahan Gunung Lengkuas di Kecamatan yang sama. Pada sebelumnya, Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Polres Bintan melalui Bhabinkamtibmas selalu rutin memberikan peringatan kepada masyarakat.

Terkait himbauan dengan harapan masyarakat mengerti bahwa membuka lahan dengan cara membakar dapat diancam dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dapat dipidana dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda sebanyak 10 Miliar. (Alek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here