Kapolres Pimpin Simulasi Pilkada 2018, Digelar di Halaman Mapolres Padangsidimpuan

0
83

Prioritas.co.id, P. Sidimpuan – Salah seorang perusuh pada pemilihan kepala daerah (Pilkada)  padangsidimpuan berhasil dilumpuhkan aparat keamanan dari Mapolres padangsidimpuan.

Kerusuhan bukan hanya terjadi pada rapat pleno penetapan Calon Walikota padangsidimpuan terpilih yang digelar Kpu , tapi juga sejak berlangsung kampanye dan para paslon di uber massa pendukung.

Massa yang mencapai puluhan orang itu, akhirnya berhasil dihalau oleh aparat keamanan  dan berhasil mengamankan serta membawa calon Paslon walikota Padangsidimpuan dari amukan massa yang melakukan unjukrasa yang anarkis.

Lalu sejumlah aparat kepolisian  bersenjata lengkap mencoba  mendatangi tempat dan  berhasil mengamankan seorang provokator.

Pada sesi Simulasi Escape Calon Kepala Daerah. MANTAP PRAJA TOBA PADANGSIDIMPUAN TAHUN 2018  Menerjunkan sebanyak 200 personil.

Selanjutnya pada kampanye terbuka di sebuah lapangan, sekelompok massa dari pendukung balon lainnya masuk ke arena untuk mengacaukan siatuasi yang sebelumnya tampak tenang. Awalnya sejumlah aparat keamanan coba membujuk perusuh untuk tenang.

Tapi dalam hitungan menit, perusuh tampak semakin ramai malah mencoba menerobos blokade atau garis polisi, sehingga aparat keamanan beraksi lebih tegas lagi. Terlebih setelah sejumlah massa mulai melempari polisi dengan berbagai jenis benda.

Tidak hanya air mineral tapi juga beberapa potong kayu ikut dilempari aparat keamanan yang sedang menenangkan suasana.

Karena setelah diberi tembakan peringatan ke udara, tapi perusuh semakin beringas dan situasi bertambah gawat, akhirnya polisi terpaksa membubarkan dengan tembakan gas air mata, baru kemudian suasana dapat dikendalikan.

Kegiatan simulasi yang dilaksanakan jajaran mapolres padangsidimpuan  dihalaman Bolak kota padangsidimpuan berlangsung, Rabu (07/02) dimulai pada pukul 10:30

Simulasi yang berlangsung meriah itu di ikuti semua personil Kota padangsidimpuan antara lain Bhabinkamtibmas, Dalmas awal, Dalmas Lanjut, sat Intelkam, sat Reskrim, sat Binmas dan sat lantas  yang dipimpin langsung  Kapolres padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK.MH , Wakapolres Kota padangsidimpuan  KOMPOL JW SIJABAT, SH, para kabag, kasat dan perwira Polres Padangsidimpuan.

Adegan demi adegan yang digelar aparat kepolisian dari Mapolres kota padangsidimpuan Mendapat  Sambutan Masyrakat yang melintas , sekitar pukul 12:00 WIB  Giat simulasi ini berakhir dengan Aman dan tertib.

Sementara Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya Sik MH  kepada Wartawan Rabu (07/02) menjelaskan, pengamanan dilakukan pada semua tahapan pilkada mulai dari pendaftaran calon wali kota, pemilihan hingga pengamanan pelantikan calon wali kota terpilih. Agenda terdekat pada Pencabutan Nomor paslon yang akan di gelar dalam waktu dekat.

Menurut Kapolres, setelah apel gelar pasukan, dilakukan tactical floor game untuk pengamanan.

Dikatakan Hilman, seluruh unsur muspida khususnya polres mengimbau pillada berjalan aman dan tertib. Sehingga warga Kota padangsidimpuan tetap nyaman untuk melaksanakan kegiatan.

Di sisi lain, terkait penegakan hukum pilkada, Polres padangsidimpuan  bersinergi dengan unsur panwas, dan jaksa. Di mana mekanisme penegakan hukum pilkada menunggu laporan dari panwas.dan lebih lanjut  Kapolres  mengatakan siap mengamankan Pilkada  kota padangsidimpuan  dan semua personil sudah kita matangkan  dalam  pengamanan menghadapi pesta demokrasi ini. Tuturnya. (Red/sabar)