Presiden RI Kunjungan Kerja ke Tanjung Enim

0
49

Prioritas.co.id.Muara enim – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Bumi Serasan Sekundang, dalam rangka peresmian dimulainya pembangunan proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter (DME), yaitu senyawa organik ramah lingkungan yang dihasilkan dari gasifikasi batu bara sebagai alternatif bahan bakar pengganti elpiji di Kawasan Industri Tanjung Enim (KITE), Desa Penyandingan dan Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Senin pagi (24/01/2022).

Kehadiran orang nomor satu di Republik ini yang didampingi para menteri terkait, disambut Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dan Pj Bupati Muara Enim H Nasrun beserta unsur Forkompimda.

Pj Bupati Muara enim mengucapkan selamat datang dan juga berterima kasih kepada Presiden yang telah hadir secara langsung meresmikan salah satu proyek unggulan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Bumi Serasan Sekundang.

“Kita menegaskan bahwa Pemkab Muara Enim siap menjadi daerah lumbung energi nasional dan sepenuhnya mendukung cita-cita nasional dalam menghadirkan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan melalui kawasan industri hijau terintegrasi di Tanjung Enim,”ungkap Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar,ketika mendampingi Presiden RI Jokowidodo dan Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam peresmian DME di Tanjung Agung.

Masih kata, HNU sapaan akrab matan Sekda Provinsi Sumatera Selatan ini, melalui hadirnya proyek gasifikasi batu bara menjadi Dme pertama di Indonesia yang dilaksanakan oleh PT. Bukit Asam dan Air Product & Chemical, Inc. (APCI) bersama PT. Pertamina (Persero) dengan total nilai investasi mencapai Rp30,1 triliun ini, dirinya berharap setidaknya dapat mewujudkan kemandirian energi di Sumsel, khususnya dalam bahan bakar pengganti elpiji.

“Kita berharap bahwa kehadiran investasi dapat menjadi pendorong dalam peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat sekitar, terutama membuka lapangan pekerjaan dan tumbuhnya UMKM baru,”ujarnya.

Selanjutnya, HNU mengatakan untuk itu dirinya-pun berharap Kabupaten Muara enim dapat segera ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sehingga mampu menarik lebih banyak investasi.

Setelah melakukan kunjungan kerja dan mendatangi pasar tradisional Kota Tanjung enim Bapak Presiden dan rombongan langsung bertolak ke kota Pagar Alam. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here