Walikota Rahma Serahkan Bantuan Alat-alat Pertanian

0
120

Tanjungpinang, Prioritas.co.id – Walikota Tanjungpinang Rahma, menyerahkan sejumlah alat pertanian kepada empat kelompok tani, Rabu (29/9/2021).

Bantuan alat pertanian tersebut adalah cultivator (mesin pengolah tanah), selang pembuangan, selang penyedot air dan mesin pompa air.

Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di Kampung Sumber Rejo, Kelurahan Pinang Kencana, Tanjungpinang Timur. Adapun keempat kelompok tersebut adalah kelompok tani Sumber Berkah, Segantang Lada, Sumber Rejeki Makmur dan Surya Tani.

Rahma mengatakan harapan terbesar Pemerintah Kota Tanjungpinang adalah agar bantuan alat pertanian ini digunakan sebaik-baiknya dalam meringankan pekerjaan petani sehari-hari.

“Hari ini kita melihat ada cultivator empat buah. Ada mesin pompa air, selang air dengan selang hisap dan selang untuk buang. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk petani,” jelas Rahma.

Orang nomor satu Tanjungpinang ini tak lupa berpesan agar alat bantuan tersebut dijaga sebaik-baiknya. Karena bantuan disampaikan buat kelompok, diharapkan dalam penggunaannya bisa berbagi dan diatur secara bergantian.

Dalam dialog dan sesi tanya jawab yang diberikan Rahma, petani menyampaikan keluhan terkait fasilitas lampu yang belum bisa dirasakan oleh petani yang berdomisili di kebun, hingga saat ini.

Juga soal akses jalan yang menjadi kendala, karena bergelombang tergerus air saat hujan. Kondisi ini sudah berlangsung lama dirasakan para petani.

“Soal lampu, ini ada prosedur yang harus dilewati. Karena saya juga tidak ingin menyampaikan sesuatu harapan tapi akhirnya tidak saya tepati,” ujar Rahma.

Rahma mengingatkan, kedatangannya bertemu kelompok tani tidak dalam konteks kampanye. Tetapi sebagai walikota. “Kalau memenuhi syarat, akan saya perjuangkan. Tetapi kalau ada aturan yang harus ditegakkan, itu juga harus saya jalankan,” tegas Rahma.

Terkait lampu, Rahma mengatakan ada hal yang harus diketahui bersama bahwa untuk ruang terbuka hijau dan catchment area ada perlakuan khusus. Ia menjelaskan tidak semua boleh dilaksanakan secara bebas, seperti yang lain karena menyangkut status lahannya.

Walau demikian Rahma berdoa kiranya banyak berkah-berkah lain tidak berupa penerangan dan aspal, tapi bantuan dalam bentuk alat pertanian, pupuk, benih dan lainnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Tanjungpinang Yoni Fadri, ST mengatakan bantuan alat pertanian kali ini merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah ini dalam memberdayakan para petani.

Tahun ini, sebut Yoni, bantuan alat pertanian berupa cultivator dan mesin pompa air diberikan kepada lima kelompok. Selasa kemaren, pihaknya telah memberikan bantuan yang sama kepada kelompok tani Maju Mapan, Dompak, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti.

“Tahun depan akan kita berikan kepada kelompok yang belum mendapat bantuan. Tujuannya agar bantuan diperoleh secara merata kepada semua kelompok,” terang Yoni.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Kabid Pertanian Dinas P3, Ani. Camat Tanjungpinang Timur H Dody, Camat Tanjungpinang Kota Raja Hafizah, dan beberapa lurah di Tanjungpinang Timur dan Kota. Juga warga setempat dan kelompok tani yang menerima bantuan. (Anton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here