Disdik Tanggamus Prihatin Bangunan SD MI Rusak Parah di Wonosobo dan Akan Cari Jalan Keluar

0
196
Sekretaris Dinas Pendidikan Tanggamus, Ruslan saat Menanggapi Terkait Bangunan SD MI yang Rusak Parah di Wonosobo.

Prioritas.co.id, Tanggamus – Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Ruslan, menanggapi terkait Sekolah SD MI Jamiatul Hidayah di Pekon Dadimulyo kecamatan Wonosobo  yang kondisinya memprihatinkan.

“Saya ikut prihatin dengan kondisi sekolah itu saat ini, saya akan mencoba koordinasi sama Kementerian Agama (Kemenag) Tanggamus mencari jalan keluarnya, karena itu sebenarnya ranah Kemenag, bukan ranah Dinas Pendidikan. Tapi berdasarkan PP No 17 Tahun 2010, itu bukan hanya tugas pemerintah, atau Pendidikan melainkan tugas kita semua,” ujar Ruslan. Kamis (3/6/2021).

Ruslan mengaku, bahwa dirinya juga tidak menginginkan ada satu anak yang tidak mengeyam pendidikan di Kabupaten Tanggamus, baik itu SD atau SMP.

“Oleh sebab itu, gimana caranya anak yang mengenyam pendidikan di Madrasah itu, mengeyam pendidikan yang layak, baik itu sarana dan prasarananya,” kata Ruslan.

Ruslan juga menghimbau kepada Kepala Sekolah (Kepsek) seluruh Kabupaten Tanggamus, agar dalam pengisian data Dapodik harus benar-benar sesuai dengan faktor keadaan sekolah itu.

Pihak sekolah harus jujur dalam mengisi data Dapodik, jangan isi datanya asal-asalan apalagi berbohong, jangan ada sekolah pada dasarnya itu jelek dikatan kan bagus dalam mengisi data Dapodik karena mengejar Akreditasi.

“Sehingga waktunya meminta pembenahan untuk mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK), susah untuk terkaper, karena pengisian data di Dapodik tidak sesuai aspek kondisi sekolah itu sendiri,” tuturnya Ruslan.

Diberitakan sebelumnya, diketahui tiga lokal kelas dari 6 lokal bangunan Sekolah Madrasah ini tidak layak pakai/huni, terlihat di beberapa titik pandasi yang amblas mengakibatkan dinding bangunan sekolah banyak yang retak, kayu di bagian atas yang lapuk karena termakan usia.

Ironisnya, Sejak tahun 1969 hingga tahun 1975. Sekolah tersebut hingga sekarang, belum tersentuh biaya dari pemerintah untuk bangunan ataupun renovasi gedung. (Sis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here