Bupati Madina Buka Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal

0
53
Bupati Mandailing Natal Drs H. Dahlan Hasan Nasution

Prioritas.co.id.Mandailing Natal – Bupati Mandailing Natal Drs H. Dahlan Hasan Nasution secara resmi membuka pagelaran seni budaya mandailing di Gedung Serba Guna, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, rabu (10/3/2021)

Kegiatan pagelaran seni budaya yang di selenggarakan Dinas Parawisata bersama Dinas Pendidikan Madina ini tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak.

Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dalam sambutanya menyampaikan, kalau kita bisa memanfaatkan seni budaya ini akan bisa bernilai ekonomi.

“Selain untuk menanamkan kembali adat budaya kepada generasi muda, adat budaya ini juga bisa menghasilkan uang sebagai penopang ekonomi dengan menampilkan seni budaya di setiap tempat parawisata yang ada di Madina ini,”katanya.

Selain Agama, kata Dahlan Hasan, Madina terkenal dengan adat budaya, untuk itu kita harus mengembalikan adat budaya Mandailing seperti dulu.

“Dengan kegiatan-kegaiatan pageran ini kita harus mengembalikan Mandailing ke Mandailing dulu, yang terkenal dengan agama, dan adat Budaya,”ajaknya.

Sementara laporan Panitia yang disampaikan Kadis Parawisata Madina Yasir Lubis mengatakan kegiatan ini di laksanakan dalam rangka Hut Madina ke 22 dan untuk menghidupkan serta mengembangkan seni budaya

” pegelaran seni budaya selain dalam rangka Hut Madina juga tentang Bagaimana menghidupkan kembali seni budaya di mandailing natal dengan mengsingkroniasikan dengan parwisata,”ucapnya

Kegiatan ini bisa Bisa di saksiskan di chanel yut, tarian, gordang sambilan,

Peserta acara pegalaran ini kata Yasir, dari perwakilan setiap kecamatan tingkat Sd, SMP, SMA. Yang akan menampilkan seperti tarian, gordang sambilam, monolok/drama, puisi. Dan bisa di saksikan secara live melalui chenel yutube dinas parawisata.

Yasir mengatakan Tujuan dari acara ini untuk menghidupkan seni budaya dan akan ada di setiap parawisata yang bisa menjadi nilai ekonomi.

” seni budaya ini akan hadir di lokasi lokasi objek wisata, hal ini akan menjadi daya tarik pada setiap objek wisata. Sehingga bagi pelaku seni budaya akan bisa menjadi nilai ekonomi atau kemasukan sekaligus bisa melestarikan seni budaya mandailing.

Yasir Berharap acara ini bisa memberi manfaat kepada generasi muda, meningkatkan ketertarikan generasi muda kita untuk mengembangkan seni budaya di madina.

Selian di hadiri Bupati pagelaran seni budaya tersebut juga di hadiri, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP PKK Madina Ny Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Kadis Pendidikan madina Ahmad Gong Matua Nasution. (Putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here