AKBP Andes Purwanti Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2018

0
133

Musi Banyuasin, Prioritas.co.id – Kapolres Muba, AKBP Andes Purwanti, SE MM bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel Gelar Pasukan Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2018. Apel tersebut digelar di Mako Polres Muba Jalan Kol. Wahid Udin Lingkungan VII Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Muba, Senin (26/11).

Hadir dalam giat tersebut Bupati Muba yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Rusli, SP., MM., Ketua DPRD Muba Abusari, SH., M.Si., Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi SIP., Unsur SKPD Muba, Pejabat Utama Polres Muba, Kasat Polres Muba, Kapolsek Jajaran Polres Muba, serta peserta Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2018 lainnya, sementara bertindak sebagai Komandan Upacara Ipda Nasirin.SH.

Sementara peserta dalam pelaksanaan Apel terdiri dari 1 (satu) Pleton TNI, 1 (satu) Pleton Sat Sabhara Polres, 1 (satu) Pleton Gabungan Staf Polres dan Polsek, 1 (satu) Pleton Dishub, 1 (satu) Pleton Pol-PP, 1 (satu) Pleton BPBD dan Pleton Tagana.

AKBP Andes Puewanti SE., MM., selaku Inspektur upacara dalam arahannya, menyampaikan, Kabupaten Musi Banyuasin memiliki luas wilayah 1.426.596 KM² dengan karakter wilayah 69% daratan rendah dan sebagian warganya tinggal dialiran sepanjang Sungai. Baik Sungai Musi sungai Batang Hari maupun Sungai lainnya yang rawan terhadap banjir dan longsor.

Pada tahun 2018 ini, lanjut Kapolres, cuaca di Indonesia sulit diprediksi bahkan bisa dikatakan cuaca sangat ekstrim. Musim kemarau dan musim hujan sudah tidak sesuai jadwal perkiraan tahunan curah hujan lebih banyak dan tiupan angin kencang juga tinggi.

“Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa telah terjadi banjir di Desa Tanjung Dalam Baru Kecamatan Keluang dimana ketinggian air mencapai lutut orang dewasa yang mengakibatkan 60 Kepala Keluarga harus diungsikan,” kata Kapolres.

Dan pada tanggal 18 November 2018, tambah dia juga terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang di wilayah Sekayu dan sekitarnya. Kondisi ini mengakibatkan kerusakan pada fasilitas umum dan juga pohon pohon tumbang, papan papan reklame roboh yang mengakibatkan arus listrik padam.

“Perlu dipahami bersama bahwa apel gelar pasukan yang diselenggarakan dengan maksud untuk mengecek kesiapsiagaan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Dan kita harapkan dapat cepat dan tepat dalam melakukan bantuan dan evakuasi terhadap segala bencana alam yang dialami oleh masyarakat.”imbuhnya.

Dalam pelaksanaan Apel ini, Kapolres Muba beserta tamu undangan melakukan pemeriksaan pasukan dan sarana prasarana yang meliputi perahu karet yang bermuatan 6 (enam) orang sebanyak 2 unit, jaket pelampung sebanyak 40 unit serta peralatan lainnya yang ditampilkan dilapangan apel.

“Kedepan perlu mendapat perhatian lebih karena sehubungan dengan luasnya Kabupaten Muba, untuk mempercepat dalam mendeteksi bencana yang terjadi agar dilakukan Sosialisasi kepada masyarakat terkait Call Center Polri 110 maupun 112 milik Pemkab Muba. Hal ini penting sehingga bisa cepat setiap melakukan penanggulangan bencana yang terjadi.” tutup Kapolres Muba. (dani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here