Inovasi Pariwisata Kabupaten Tanggamus Menuju New Normal

0
157

Prioritas.co.id, Tanggamus – Sebagai upaya membangkitkan kembali disektor Pariwisata ditengah Pandemi Covid-19, Bupati Tanggamus bersama Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus terus berinovasi menyiapkan terobosan menuju New Normal.

Langkah yang dilakukan saat ini adalah dibentuknya Relawan Covid-19 disetiap Objek wisata yang ada di Tanggamus yang terdiri dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) itu sendiri.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 serta untuk menegakkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Untuk kelompok Pokdarwis yang dibentuk sebagai Relawan Covid 19 saat ini, kelompok Pokdarwis Air terjun Waylalaan yang dikukuhkan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani pada tanggal 9 Juni 2020.

Dalam hal ini Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengharapkan dengan di bentuk nya relawan gugus tugas dari pokdarwis ini, akan menjadikan suatu tempat destinasi yang sehat.

“Dimana Protokol kesehatan akan dilaksanan dapat memberikan kenyamanan, keamanan bagi pengunjung,” harapan Bupati.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Tanggamus, Retno Noviana Damayanti. Keberadaan relawan covid-19 ini, merupakan bentuk terobosan yang efektif dan inovatif dilakukan didalam menghadapi new normal sektor kepariwisataan.

“Selain itu pengukuhan relawan covid-19 ini bertujuan agar Pokdarwis di dalam mengelola destinasi wisatanya harus dan selalu menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Sehingga para wisatawan akan merasa aman, nyaman, dalam menikmati keindahan panorama alam saat berwisata,” ujar Retno. Selasa (23/6/2020).

Selain hal itu, lanjut Retno, Disparbudpora Kabupaten Tanggamus juga melakukan inovasi baru dengan memberikan minuman menyehatkan yaitu Jamu Kekinian.Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan di tempat wisata.

“Dengan terobosan baru ini diharapkan masyarakat dan para wisatawan dapat mengkonsumsi minuman tradisional ramuan leluhur bangsa lndonesia itu. Sehingga masyarakat dan wisatawan dalam lawatannya akan senantiasa sehat dan segar,” terang Retno.

Retno juga menyampaikan. Inovasi ini sudah diterapkan pada destinasi wisata Air Terjun Way Lalaan dan Taman Wisata Muara lndah.

“Disitu pengunjung dapat minuman menyehatkan tersebut dengan cuma-cuma alias gratis, karena tiket masuk yang kita beli sudah termasuk dengan sebotol minuman bensikan Jamu Kekinian yang nikmat syarat dengan rasa rempah-rempah yang khasiatnya akan meningkatkan daya tahan tubuh,” terang Retno.

Lebih lanjut Retno mengatakan. Jamu kekinian ini merupakan hasil produksi ekonomi kreatif masyarakat sekitar destinasi wisata, yang merupakan binaan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Tanggamus. (SIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here