Pemkab Lahat Vidcon Antara BPJB Dalam Pelestarian Cagar Budaya dan Pemajuan Kebudayaan

0
39

Prioritas.co.id, Lahat — Bertempat di ruang Oproom Pemkab Lahat di laksanakan diskusi vidcon antara BPJB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat dalam pelestarian cagar budaya dan pemajuan kebudayaan. Kamis (11/06/2020)

Tampak hadir di kegiatan Wakil Bupati Lahat H.Haryanto SE.MM, Staf khusus bupati Lahat bidang Pariwisata Mario Andramatik, Staf khusus bupati bidang pendidikan Matcik, Perwakilan Kodim 0405/Lahat Pasiter Kapten Sudarno, Kadis Pariwisata Safran, Kadis Perdagangan Fikriansyah, Kadis koperasi Edwar, Kepala DLH Agus, Kadis PUPR Mirza, Kabid Pariwisata

Diskusi daring dengan tema cahaya Negeri Seribu Megalit menuju masyarakat adil sejahtera. Yang bekerjasama BPCB Jambi dengan pemerintah Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung upaya bersama membangun persepsi dan sinergitas stakeholder dalam pelestarian cagar budaya dan pemajuan kebudayaan.

Staf khusus Bupati Lahat bidang pariwisata Mario Andramatik dalam kegiatan menyampaikan merupakan suatu kebanggaan bagi kami khususnya masyarakat Kabupaten Lahat bisa berada bersama Bapak Ibu secara online seluruh Indonesia jadi komunitas Panoramic of Lahat telah berdiri sejak 2010 dengan kegiatan pertama kami yaitu melakukan survei pendataan kemudian promosi di tahun itu kami sudah membuat pameran foto yang menampilkan beberapa megalit dan juga keindahan alam Kabupaten Lahat.

“Dan kami melanjutkan lagi dengan pendataan megalitik yang ada di Kabupaten Lahat hasilnya di tahun 2012 kami Kabupaten Lahat sekaligus mendapat penghargaan dari Muri yang pertama adalah Kabupaten Lahat sebagai pemilik situs megalitik terbanyak se-indonesia yang kedua kami dari Panoramic of Lahat sendiri mendapat penghargaan sebagai colektor data megalit terbanyak kami tertarik untuk mempelajari bagaimana keberadaan megalit”, katanya.

Megalit di Kabupaten Lahat, megalit kita ini sudah dikenal sejak tahun 2007 di Australia buku ini terbit menyebutkan bahwa itu ada, tepatnya di Desa Tinggi Hari 20 kilo dari Lahat Merupakan suatu kebanggaan bahwa orang-orang dari Australia, internasional mengakui bahwa kita ini terbaik se-indonesia Nah maka dari itu sebagai pemicu kami untuk menggali lebih dalam lagi .

Dan peneliti sebelumnya menyampaikan bahwa megalit yang ada di Lahat itu merupakan peninggalan kebudayaan agama Hindu atau Budha. ini memicu kami sebagai masyarakat ingin ikut serta dalam pelestarian megalitik yang ada, kami mendata kemudian membuat berbagai kegiatan dan membuat program program memberikan informasi mengenai megalit .

Kami mengajak pelajar, masyarakat, instansi pemerintah, BUMN, BUMD dan semuanya yang ingin mengenal lebih detail tentang megalit Lahat dengan mengunjungi situs megalit kami panoramic of Lahat dengan senang hati.

” Semoga kelak megalit Lahat dapat terkenal seperti megalit Stonehenge di Inggris dan Pulau Paskah di Chile yang dapat memberikan kesejahteraan masyarakat
nya”, harapnya .(EY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here