Disamping Penyemprotan, Warga Minang Kota Sekayu Juga Melakukan Sosialisasi Tentang Bahaya dan Pencegahan virus Corona

0
221

Prioritas.co.id.muba – Seolah tak ingin ketinggalan dalam mengsukseskan program pemerintah melawan virus Corona, warga Minang di Kota Sekayu yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) melakukan penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut. Seperti diketahui beberapa waktu terakhir virus yang menimbulkan penyakit yang disebut Copid – 19 ini, telah menjelma menjadi momok menakutkan tidak hanya di Indonesia melainkan juga diberbagai belahan dunia.

Ratusan bahkan ribuan sudah korban terpapar virus mematikan ini yang sebagian harus meregang nyawa tak kuasa melawannya. Pemerintah Indonesia, terpaksa melakukan berbagai kebijakan terutama melokalisir berbagai daerah dan melarang berbagai aktivitas yang melibatkan interaksi banyak orang selain upaya penyemprotan disinfektan.

Ketua IKM Musi Banyuasin, Muhammad Zaki, mengatakan meski terkesan dadakan, sebelum melaksanakan kegiatan tersebut pihaknya sudah mendapat pelatihan singkat dari Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Muba tentang tatacara dan mekanisme dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Selain penyemprotan yang bertujuan membunuh virus Corona, lanjut Zaki pihaknya menilai hal terpenting yang perlu dilakukan adalah memupuk keyakinan ditengah rasa takut yang menghantui masyarakat. Masyarakat harus yakin langkah langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah akan segera menghentikan serangan wabah virus tersebut.

“Berbagai program pencegahan yang dilakukan pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Saat ini rasa takut ditengah masyarakat melebihi serangan virus tersebut dan ini yang menurut kami perlu dipulihkan,” kata Zaki usai melakukan penyemprotan didaerah Kayu Ara, Kecamatan Sekayu, Muba, Kamis (3/4/2020).

Menurut dia rasa percaya diri warga harus segera dipulihkan karena tanpa itu sulit rasanya sejumlah program pencegahan yang dilakukan pemerintah akan memperoleh hasil maksimal. Untuk itu, selama berkeliling Kota Sekayu, anggota IKM aktif menyapa warga dan menyampaikan secara panjang lebar tentang wabah virus Corona.

“Apa itu virus Corona, bagaimana cara penularan nya dan bagaimana mencegah supaya jika ada yang terpapar dapat dilokalisir agar tidak menulari warga lainnya,” ujar.

Dia menjelaskan, Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Muba dalam hal ini mengadakan Bakti Sosial dengan melakukan penyemprotan Disinfektan di Kecamatan Sekayu.
Kegiatan tersebut didanai oleh anggota serta beberapa donatur dari Keluarga Minang di Sekayu yang sudah dimulai sejak hari Minggu (29/03/2020).

Selain melakukan penyemprotan disinfektan ini, IKM Muba juga melakukan sosialisasi memberikan pemahaman dan himbauan kepada warga masyarakat untuk berpola hidup sehat dan melakukan kebiasaan seperti yang dianjurkan Pemerintah demi menghindari penularan virus Corona. Berbagai hal yang disampaikan antara lain mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas. Menghindari kerumunan banyak orang,  tutup mulut dengan lengan dalam jika tidak ada masker apabila sedang batuk, jaga kondisi badan agar selalu fit, dan lain-lain.

Pemilik rumah makan bundo kanduang yang berlokasidi depan RSUD Sekayu ini mengatakan
Penyemprotan dimulai dari Lingkungan (LK) V, VI, dan VII, Kayu Ara, setelah itu di Pasar Pagi. Dan kemudian di rumah-rumah warga sekitar Kampung Satu sampai Perumnas. Selain itu, rumah ibadah, dan masjid-masjid sekitar Pasar pagi Sekayu.

“Kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat sedikit memberikan rasa aman ditengah masyarakat sehingga mereka tidak panik atau merasakan ketakutan yang berlebihan.
Kami juga mengingatkan, selain bisa dicegah, pasien penyakit  Covid-19 juga bisa disembuhkan, itu kabar baiknya” pungkasnya. (Dani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here