Realisasi Dana Desa 2020 Pekon Sinar Mulya Tepat Sasaran

0
83

Prioritas.co.id, Pringsewu – Pemerintah pekon Sinar Mulya, kecamatan Banyumas, kabupaten  Pringsewu Lampung, alokasikan dana desa, 2020.

Selain dari pembangunan fisik, dana desa yang disalurkan kepada masyarakat pekon untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi di pekon, terbukanya kesempatan untuk masyarakat setempat bekerja sehingga, angka pengangguran di pekon setempat bisa berkurang.

Seperti yang dikemukakan Amirudin sekretaris pekon, mewakili PJ kepala pekon Sinar Mulya mengatakan, realisasi Dana Desa tahap 1 tahun 2020 ini dilaksanakan rabat beton sepanjang 165 meter X 2,5 meter, talud Rt.07 di Dusun 02 dan Rt.03 di Dusun 02, rehap pelapon puskesdes yang berlokasi di Dusun 02. Alokasi dana yang diberikan harus digunakan secara konsisten dan terkendali.

Setiap kegiatan yang menggunakan alokasi Dana Desa, melalui beberapa tahapan proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang jelas dan berdasar prinsip. Segala bentuk laporan yang dibuat harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Tujuan Dana Desa yang disalurkan kepada masyarakat desa untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi di Desa, antara lain kemiskinan bisa dikurangi, angka pengangguran bisa diturunkan, laju urbanisasi bisa dihambat dan ketimpangan bisa dipersempit. Membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, membantu pemerataan pembangunan dan hasilnya, membangun infrastruktur dan menciptakan peluang serta lapangan kerja baru, ” ujar Amirudin, Senin (16/3/20).

Lanjutnya, untuk kegiatan Dana Desa tahap 2 dan 3 Satu titik Dainase di Dusun 01, rehap plavon gedung PAUD di Rt.02, Jembatan 4 x 7 meter yang terletak di Dusun 02 dan Gorong-gorong 1×4 meter, dan pemberdayaan.

Semoga dengan adanya pemerataan pembangunan di pekon Sinar Mulya akan sangat mendukung seluruh roda perekonomian yang ada dan mudah-mudahan akan membawa martabat lebih maju lagi dan akhirnya akan menjadikan warga masyarakat Sinar Mulya yang lebih baik lagi, ” pungkasnya.

Terpisah, disampaikan Ketua LPM pekon Sinar Mulya, Katno (53) mengatakan, pembangunan kegiaran rabat beton di Rt.02/ Rw.01, Dusun Sinar Harapan sudah berlangsung yang kuni hampir finising, alhamdulillah semua tidak ada kendala, bisa berjalan lancar. Dana Desa adalah sejumlah anggaran dana yang diberikan kepada Desa dari pemerintah. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan sumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah.

“Sementara untuk hari ini dan kemarin tenaga kerjanya berjumlah 12 orang, dan nanti akan bergantian dengan kawan-kawan yang lainnya, setiap lima hari sekali akan diganti,” ungkap Katno.

Senada diungkapkan para pekerja, bahwa dengan adanya kegiatan DD di pekon Sinar Mulya ini sangat membantu proses percepatan pembangunan, demi tercapainya pekon yang mandiri.

“Adanya kucuran DD yang setiap tahunnya, maka pembangunan-pembangunan di pekon ini dapat terselesaikan, sehingga dapat tercipta pekon yang mandiri, ungkap pekerja. (Davit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here