Peserta Menilai Seleksi Tambahan Cakades Berupa Psikotes dan Wawancara Lebih Fair

0
293

Prioritas.co.id.muba – Meski banyak yang menyatakan seleksi tambahan berupa Psikotes dan wawancara hanyalah prosedur yang dilakukan panitia Pilkades dalam menciutkan calon yang lebih dari lima peserta, ternyata sejumlah peserta justru menilai test tersebut sangat bernilai positif. Karena siap secara psikologis merupakan syarat utama seorang pemimpin yang bakal menghadapi sejuta persoalan termasuk seorang Kepala Desa nantinya.

“Memang banyak isu miring yang beredar tentang psikotest ini. Tapi harus diakui test ini benar benar mengupas kepribadian seseorang. Layak atau tidak layaknya seseorang untuk maju dalam pemilihan kepala desa langsung tergambar dengan sendirinya,” kata Satoto Waliun salah satu Cakades yang ikut bertarung dalam Pilkades Desa Bailangu, Selasa, (25/2/2020).

Tokoh masyarakat yang terkenal kritis dalam menilai kegiatan pemerintah ini menyatakan ingin menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan tanah kelahirannya Desa Bailangu.

Mengusung jargon tolak politik uang guna menciptakan pemerintahan desa yang bersih dan transparan , Totok mengajak warga Desa Bailangu untuk memilih pemimpin yang punya integritas serta punya visi dan misi yang jelas.

” Visi dan misi yang dipaparkan seorang calon merupakan tolak ukur kinerja calon tersebut. Jika terpilih nantinya masyarakat bisa menuntut pertanggungjawaban atas visi dan misi yang pernah disampaikan nya,” imbuh Totok.

Muzir Cakades Desa Pagar Kaya justru memberi nilai lebih dalam pelaksanaan psikotes dan wawancara yang digelar di RSUD Sekayu beberapa waktu sebelumnya. Menurut dia, sikap pura pura takkan menyelamatkan seorang calon dalam test tersebut.Tim ahli yang menjadi penguji dalam test tersebut benar benar menguasai bidangnya.

” Menurut saya ini lebih fair, sekalipun tersisih dalam seleksi tambahan ini kita tak perlu malu karena kita dapat secara langsung mengetahui kelemahan dan kekurangan kita. Tapi Alhamdulillah akhirnya saya lolos dan siap bersaing dengan kontestan lainnya, ,” ujarnya.

Tokoh muda desa Pagar Kaya, yang melejit namanya karena mampu membuat nama desa Pagar Kaya berkibar ditingkat kabupaten bahkan provinsi dalam sejumlah even olahraga, baik sepakbola, atletik maupun volleyball ini mengaku, awalnya tak punya niat terjun dalam Pilkades desa Pagar Kaya.Namun dorongan dan permintaan dari sejumlah kalangan agar dirinya ikut mencalonkan diri tak kuasa ditolaknya.

“Saya membina anak muda desa Pagar Kaya dengan kegiatan positif terutama olahraga agar terhindar dari pengaruh buruk yang sangat merusak generasi muda. Meski awalnya sekedar hoby, cari keringat, ternyata adik adik binaan saya adalah talenta hebat dan berbakat sehingga bisa menjadi juara,” ujarnya.

Diantara sederet prestasi yang pernah diraih nya bersama tim sepakbola Pagar Kaya :
1.Juara 2 di piala PAN CUP MUBA.
2.Juara 3 di Piala Gubernur.
3. Juara 2 di Piala Jirak Open Turnamen.

“Mampu mengimbangi tim yang dibina secara khusus seperti PPLPD Muba dan akhirnya tetap harus mengakui keunggulan lawan bagi kami tim desa sudah menjadi suatu yang sangat membanggakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala dinas Pemberdayaan Masyaraka Dan Desa (DPMD) Muba H. Richard Cahyadi AP. M.Si, melalui Kabid Pemerintahan Desa Taisir Gunawan S.Sos M.M di damping kasi Pemdes Fitriadi SE. mengatakan Kamis ( 20/02/20).

Berdasarkan Peraturan Daerah nomor :6 tahun 2019 Tentang Pemilihan Kepala Desa ,Ketentuan pasal 33 bahwa dalam hal bakal calon yang memenuhi persyaratan lebih dari 5 (lima) orang , panitia pemilihan melaksanakan seleksi tambahan yang wajib diikuti oleh seluruh bakal calon dengan di fasilitasi dari Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan /atau tenaga Ahli.

terkait perihal dan ketentuan diatas bahwa hasil Seleksi Tambahan Melalui Tes Psikologi dan Wawancara yang telah di laksanakan oleh tenaga ahli di RSUD Sekayu, untuk menentukan Calon Kepala Desa Bersifat Final dan Mengikat.
Sebagai mana telah di sampaikan dalam RDP bersama unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Muba.

Sementara desa yang calonnya tidak kurang dari 2 orang dan tidak lebih dari 5 orang calon, sebanyak 46 desa tahapannya sekarang telah menyampaikan DPT dan calonnya.

Dan pada hari Senin tanggal (02/03/2020) bagi peserta yang di tetapkan sebagai calon kades sebanyak 65 desa diadakan Dekralasi Damai Pilkades Serentak tahun 2020 , Bertempat di gedung Opera Room (of room) setda Muba di sekayu. Pada pujul 09.00. Wib s/d Selesai.

Setelah selesai Dekralasi Damai , panitia pemilihan kades setiap desa langsung mengambil Logistik pemilihan kades bertempat di kantor DPMD kabupaten Muba,berupa, Kotak Suara 2 buah, Bilik Suara 6 buah, Surat Suara dan Kertas Suara Plano, ID Card Panitia.(Dani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here