Gubernur Resmikan Sumsel Command Center

0
143

Gubernur Sumsel H Alex Nurdin meresmikan sumsel command center yang terpusat dikantor gubernur sumsel, Jumat (7/9)

Palembang.prioritas.co.id– Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin resmi me-Launching Sumsel Command Center di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat, 7 September 2018.

Penyediaan dan penyiapan sumsel command center ini merupakan pelaksanaan dari amanat yang terkandung dalam peraturan Gubernur Sumsel Nomor 47 Tahun 2017, tentang penyelenggaraan Sumsel Smart Province.

Alex sangat mengapresiasi kerja keras dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel yang memprakarsai pembangunan Sumsel Command Center, dan dapat diselesaikan hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

“Dengan command center, kita bisa mengendalikan provinsi ini cukup dengan teknologi, kita juga dapat berkomunikasi dengan 17 bupati walikota dan melihat kondisi in real time di lokasi. Dan apabila terkoneksi dengan satelit, maka kita dapat melihat progres pembangunan Sumsel seperti pembangunan jembatan, dan juga mengontrol titik-titik api karena kebakaran hutan”, jelasnya.

Menurutnya, Command Center dapat meringankan tugas seorang kepala daerah, dan rencananya tahun depan akan terkoneksi dengan semua 17 kan dan kota semua.

“Karena betapa pentingnya ruangan ini, maka akses masuk ke ruangan ini hanya untuk yang memiliki surat tugas khusus.  Di dunia modern ini yang menguasai data, itu yang menang”, pungkasnya.

Plt Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Dr. Inanda Karina menyatakan bahwa Sumsel command center ini merupakan langkah awal dalam rangka mewujudkan sumsel sebagai smart province untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat.

“Command center memenuhi tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat dan modern, sehingga pemerintah harus dapat menyiapkan layanan untuk internal maupun eksternal dengan sistem yang efektif, responsif,  dan modern”, ucapnya.

Sumsel smart province adalah konsep pemanfaatan I.C.T (Information and Communication Technologies) untuk semua aktivitas kegiatan dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif atau good governance.

Inanda menjelaskan bahwa dengan adanya Sumsel Command Center ini,  diharapkan dapat mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik OPD di lingkungan peprov Sumsel sehingga gerak dan arah pembangunan menuju smart province semakin cepat dan terarah sesuai dengan visi misi pembangunan daerah,  sumsel sejahtera, lebih maju dan berdaya saing internasional.

“Pada tahap awal sumsel Command Center ini telah mampu mengintegrasikan layanan CCTV Pemprov Sumsel dan website seluruh OPD di Sumsel, selama masa uji coba Sunsel Command Center kemarin telah mampu membantu dalam pengawasan dan pengaman Asian Games 2018 pada venue-venue di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) maupun lokasi lainnya yang terpasang layanan CCTV sehingga command center telah berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Asian Games ke 18 Tahun 2017 di Palembang”, tambahnya.

Beliau berharap Sumsel command center akan terus berkembang dan terus dilengkapi dengan teknologi terkini dan terupdate dengan didukung sumber daya manusia yang berkompeten untuk mengelolanya.(*)

post by dani pratama

sumber : humas pemprov sumsel