Cegah Penyakit DBD, Ketua TP PKK Lahat Ajak Masyarakat Gerakan PSN dengan 3MPlus

0
133

Prioritas.co.id, Lahat
Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidya Wati Cik Ujang S.Hut bersama dinas Kesehatan menggelar kegiatan dalam upaya pencegahan penyakit ( DBD) demam berdarah melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3MPlus. Jumat (14/02/2020) pukul 14.30 wib. Bertempat di Blok C Desa Manggul kelurahan Bandar Jaya Kota Lahat Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Tampak hadir di kegiatan Ketua TP. PKK Lidya Wati SHut beserta rombongan, kepala Dinkes lahat Ponco Wibowo SKM.MM, perwakilan camat, lurah Bandar Jaya Lahat, Babinsa, Kamtibmas, kepala Puskesmas Lahat, staf khusus pariwisata, kader kesehatan, tokoh agama, tokoh masyarakat,. Dan anak anak Pramuka dan masyarakat di sekitar Desa Manggul.

Kepala Dinas kesehatan Lahat Ponco Wibowo SKM.MM mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan karena penyakit DBD sudah mulai banyak di daerah kita, jadi kita bersama untuk memberantas dan mencegah sarang nyamuk.

Penyakit DBD ini karena virus yaitu nyamuk Aedes aegypti, dengan ciri-ciri nyamuk tidak begitu besar dengan bintik bintik putih hitam.
Yang terbangnya di siang hari dan tempat berkembangbiak di air jernih, kaleng kaleng bekas dan bak mandi.

Menggigitnya di pagi hari pukul 06.00 wib-10.00 wib pagi dan sore hari dari pukul 15.00 wib-18.00 wib sore, daya terbangnya 100 meter “, ujar Ponco.

Kalau ada penderita terjangkit DBD kita Fogging fokus, Dan ini tidak cukup hanya Fogging tapi dengan memberantasnya kita perlu keterlibatan dari semua pihak, jadi kita harapkan satu rumah satu Jumantik (satu juru pemantau jentik ) “, tambahnya.

Nyamuk DBD berkembang biak bisa di daun pisang dan tempat minum burung, Jadi mari bersama untuk membersihkan dengan gerakan serentak.

“Kami juga perlu sampaikan Fogging tidak efisien karena Fogging itu pestisida (racun ) yang lebih efektif kita berantas sarang Nyamuk dan menanam tumbuhan yang tidak di sukai nyamuk, serai wangi dan lainnya”, jelas Ponco.

Ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidya Wati Cik Ujang S.Hut mengatakan hari ini kita mengikuti kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( foging dan praktek pembersihan bak mandi oleh anak Pramuka ) sekarang kita sudah masuk di bulan kedua musim penghujan dan Alhamdulillah kita cepat tanggap, sehingga cepat di tanggulangi.

Begitu juga dengan DBD ini, bagaimana upaya kita untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk, melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3MPlus.
yaitu menguras bak penampungan minimal seminggu sekali, menutup rapat tempat penampungan air, mendaur ulang atau mengubur kaleng/ ember bekas, kemudian plusnya. memakai kelambu, menggunakan racun nyamuk, menabur bubuk larvasida, menanam tanaman anti nyamuk( lavender dll),tidak menggantung pakaian terutama pakaian habis dipakai, menjaga pencahayaan dan ventilasi udara di rumah agar udara rumah tidak lembab.

“Selain itu mencegah hal tersebut kita juga melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS )”, jelas ketua TP PKK Lahat.

Di lanjutkan pembagian kelambu dan pil Abate dan penanaman sereh wangi oleh ketua TP PKK Lahat, Kepala Dinas kesehatan dan yang lainnya . (EY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here