Mahasiswa Tarbiyah IAIN Lhokseumawe Ikuti Pembekalan K3

0
130

Prioritas.co.id, Lhokseumawe – Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Rabu (5/2/2020) pagi, mengikuti pembekalan tentang Keselamatan Kecelakaan Kerja (K3). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Healt Safety and Environment (HSE) Goes to Campus yang berlangsung di Aula kampus setempat.

Acara sosialisasi dari PT. Pupuk Iskandar Muda (PT. PIM) ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I IAIN Lhokseumawe Dr. Zulfikar Ali Buto dan turut dihadiri juga oleh Dr. M. Nazar selaku Wakil Rektor III serta Dekan Fakultas Tarbiyah Said Alwi.

Pelaksana Tugas Superindendent K3LH PT. PIM, Usman Abubakar Ishak yang bertindak sebagai pemateri mengatakan, kegiatan itu merupakan program Bulan K3 Nasional Tahun 2020 yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan, dimana PT. PIM juga ikut mengkampanyekan Bulan K3 Nasional setiap tahunnya, terhitung 12 Januari hingga 12 Februari.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar penanggulangan bencana kebakaran dan kecelakaan mampu tertanggulangi dengan metode membudayakan K3 di masyarakat, khususnya di lingkungan Civitas Akademika IAIN Lhokseumawe,’ ujarnya.

Selain itu juga supaya mahasiswa lebih sigap dan peduli jika ada keadaan kebakaran di lingkungannya, maka mahasiswa harus memahami bagaimana cara dalam melakukan tindakan sewaktu terjadi kecelakan, karena kejadian itu bisa terjadi dirumah maupun di jalan raya.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita harapkan kepada para mahasiswa lebih memahami tindakan yang harus mereka lakukan ketika sewaktu-waktu peristiwa tersebut terjadi,” harapnya.

Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Lhokseumawe, Dr Said Alwi menyampaikan, acara tersebut merupakan tindaklanjut dari arahan Rektor IAIN untuk mengembangkan kerjasama lebih luas dengan berbagai instansi terkait, bahkan pihaknya dengan PT. PIM juga telah menjajaki kerjasama dalam bidang pendidikan dan beberapa sektor lainnya.

“Tentunya kedepan kita dengan PT. PIM juga akan bekerjasama untuk menempatkan mahasiswa-mahasiswa untuk magang dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) atau magang sesuai dengan jurusan di Fakultas Tarbiyah,” ungkap Said Alwi.

Penyampaian teori kepada mahasiswa tentang pembekalan K3 ini, tentu telah menambah pengetahuan mereka tentang cara menanggulangi dan meminimalisir resiko yang akan diakibatkan jika terjadinya kecelakaan.

“Pengetahuan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk diterapkan di rumah atau lingkungannya, bagaimana cara penanggulangan secara manual terlebih dahulu, sebelum tiba bantuan dari pihak lain seperti pemadam kebakaran.” demikian ungkap Said Alwi. (Iskandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here