Bhabinkamtibmas Dampingi KKN Unila dalam Perkenalan Dengan Muli Mekhanai Pekon Badak

0
117

Prioritas.co.id Tanggamus – Jabarkan perintah pimpinan, Bhabinkamtibmas Polres Tanggamus untuk Pekon Badak Kecamatan Limau, Bripka Tri Joko Susilo melaksanakan pendampingan mahasiswa KKN Unila dalam silaturahmi terhadap muli mekhanai (bujang gadis) pekon setempat, Sabtu (4/1/20) malam.

Silaturahmi dilaksanakan di rumah Leliyanto selaku kepala dusun (Kadus) 2 Pekon Badak Le dihadiri 7 mahasiswa KKN Unila yang dipimpin ketua kelompoknya Irawan, kemudian muli mekhanai sendiri dimpimpin oleh Adi Mistiawan dengan mengahadirkan 10 orang.

Bripka Tri Joko Susilo mengatakan kegiatan dilaksanakan sejak pukul 21.00 Wib, mereka melakukan perkenalan sekaligus sejumlah pembahasan terkait kemajuan pekon badak.

“Kegiatan mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Dimana mahasiswa menyampaika gagasan meliputi pengembangan pariwisata pantau dan pelebaran draine sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir,” kata Bripka Tri Joko Susilo melalui sambungan telfon.

Menurut Bripka Joko sapaan akrabnya itu, hadirnya KKN mahasiswa Unila di pekon Badak diharapkan menjadi angin penyemangat para muli mekhanai dalam mengembangkan pariwisata sebab saran dan pendapatnya dapat menjadi acuan.

“Selain menjadi acuan, mahasiswa yang terjun bersama masyarakat tentu menjadi semanga baru untuk para pemuda pemudi di Pekon Badak dalam memajukan pekonnya,” ujarnya.

Bripka Joko menerangkan, berdasarkan pemeriksaan khusus drainase di Pekon Badak memang menjadi penyebab banjir, pasalnya drainse tergolong kurang lebar, terdapat tikungan yang kadang terisi sampah sehingga saat air datang terlalu besar, drainase tidak mampu menampung debit air dari pegunungan kemudian meluap ke rumah warga.

Untuk itu, sambung Bripka Joko, untuk mencapai hasil yang diharapkan, mahasiswa menyarankan pelebaran drainase 2 kali lipatnya, sehingga kedepannya ia dan Babinsa akan berkoordinasi dengan Pj. Kakon serta aparatur pekon guna meminta izin pemilik lahan di sekitar drainase.

“Untuk drainase memang ada faktor tikungan sempit, dimana sampah menumpuk disitu sehingga perlunya pelebaran. Kami bersama Babinsa akan berkoordinasi dengan semua pihak guna meminta izin pemilik lahan, sehingga dapat mencegah banjir di musim penghujan ini,” pungkasnya.

Sementara menurut ketua kelompok KKN Irawan, pemuda pemudi di Pekon Badak sangat antusias saat pihaknya memaparkan program-program dalam memajukan pekon, bahkan mereka sangat mendukungnya.

“Harapan seluruh masyarakat di Pekon Badak dapat mendukung program KKN kami demi kemajuan Pekon ini,” ungkapnya.

Irawan menerangkan bahwa program utama yang dicanangkan selama KKN di Pekon Badak adalah pariwisata pantai, sebab pantai Badak sangat bagus untuk dikembangkan. Kemudian yang kedua adalah peleberan drainase guna pencegahan banjir.

“Menurut pengamatan kami. Pantai Pekon Badak sangat bagus jika dikelola. Kemudian menurut warga, drainase di Pekon Badak airnya sering meluap sehingga upaya pelebaran drainese merupakan alternatif terkahir,” terangnya.

Kesempatan itu Irawan juga mengapresiasi kehadiran Bhabinkamtibmas Polres Tanggamus yang telah hadir menjadi pendamping, membimbing para mahasiswa KKN.

“Terima kasih atas pendampingan, membimbing kami, melihat membantu menuangkan fikirian. Polres Tanggamus
luar biasa,” pungkasnya.

Ketua Muli Mekhanai Adi Mistiawan mengatakan bahwa program mahasiwa KKN sangat bagus memberikan wawasan. Namun ia berharap dukungan anggaran baik kepada Pekon, Kecamatan maupun Pemkab Tanggamus untuk modal pengelolaan tempat wisata. Pasalnya, di pantai itu rencanya akan dibuatkan saung-saung atau tempat nongkrong.

“Harapan kami dukungan pemerintah pekon, kecamatan maupun kabupaten guna pendanaan dengan maksud memajukan pariwisat pekon badak. Karena kami juga sangat optimis mewujudkan ini,” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here