Babinsa Koramil 13 / Buntu Pane Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SD

0
61

Prioritas.co.id Asahan – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/ BP Buntu Pane Kodim 0208/ Asahan , Koptu Ponimin mengkunjungi Sekolah SD Negeri yang berada didusun IV Pasir Putih Desa Sumber Harapan Kecamatan Tinggi Raja Kabupaten Asahan

Kehadiran Babinsa di SD Negeri tersebut disambut gembira oleh siswa siswi. Kegiatan ini sebagai bagian dari tugas Komando Rayon Militer ( Koramil ) kepada Warga yang berada di Desa wilayah Binaannya, Jumat (03/01/2020).

Babinsa Koptu Ponimin dalam kunjungannya dalam rangka menanamkam Melaksanakan Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ) sejarah perjuangan negara indonesia makna dan arti landasan palsapa Pancasila.

Pemberian materi tentang Wawasan Kebangsaan ini diberikan kepada sekolah dasar yang merupakan jenjang pendidikan paling dasar yang tentunya memiliki posisi yang paling strategis dalam membentuk mental dasar dan perilaku generasi muda bangsa ini,” katanya.

Pada fase usia seperti mereka ini kata dia, tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai, untuk mewarnai perjalanannya meraih cita cita di masa yang akan datang.

“Dan tentunya materi yang diberikan pun disesuaikan dengan sekolah mereka itu sendiri, serta disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami agar para murid-murid dapat mengerti dan juga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Koptu Ponimin

Materi wawasan kebangsaan yang diberikan, meliputi pengenalan kepada lambang negara, isi dari Pancasila, tata cara penghormatan kepada bendera merah putih, kedisiplinan dan juga menumbuhkan sikap saling menghormati baik kepada guru, orang tua dan juga kepada sesama.

“Babinsa juga memberikan pemahaman kepada murid-murid bahwa kegiatan belajar seperti yang mereka lakukan, juga merupakan bagian dari perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan sehingga mampu menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI,” katanya ( Heri Sinaga )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here