Polres Tanggamus Gelar Upacara Hari Ibu, Ini Pesan Kapolres ?

0
48

Prioritas.co.id, – TANGGAMUS – Memperingati Hari Ibu ke 91 Tahun 2019 Polres Tanggamus menggelar upacara di halaman Mapolres setempat, Senin (23/12/19).

Upacara diikuti seluruh personil, ASN, Kapolsek Jajaran dan anggotanya, Ketua Bhayangkari Cabang Tanggamus serta para Ketua Ranting dan pengurus Bhayangkari.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto. Sedangkan petugas upacara lainnya, seperti pengibar bendera, pembaca UUD dan pembaca sejarah hari ibu semuanya dilakukan oleh para polwan dan ASN Wanita. Hal itu sebagai bentuk apresiasi dan wujud emansipasi kepada kaum perempuan.

Kapolres AKBP Hesmu Baroto, menyampaikan peringatan Hari Ibu pada substansinya bahwa pada tahun 1936 kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember merupakan hari ibu, selanjutnya dikukuhkan oleh pemerintah dengan keputusan presiden Nomor 316 tahun 1969 tentang hari-hari Nasional yang bukan hari libur tertanggal 16 Desember yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember Hari Nasional dan bukan hari libur.

“PHI ke-91 Tahun 2019 adalah titik awal gerakan percepatan pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan dan memberikan perlindungan bagi perempuan untuk mewujudkan arahan Presiden, sehingga tema utama yang diangkat dalag PHI ini adalag “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”,” kata AKBP Hesmu Baroto membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Sambungnya, Momentum upacara selayaknya diperingati sebagai upaya mengingatkan makna hari ibu sebagai momentum meningkatkan persatuan bangsa, mengingatkan kita tentang perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

“Hakikat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia” ujarnya.

Pada kesempatan PHI ke-91 ini, Kapolres juta ingin mengajak semua perempuan untuk terus maju, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri.

“Tentunya akan bersama laki-laki menjadi kekuatan besar yang memastikan terwujudnya SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia Maju”, tutupnya. (iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here