Bawaslu Gelar Uji Coba Seleksi CAT Panwascam

0
102

Prioritas.co.id, Bangka Tengah – Proses seleksi Panwas Kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah akan memasuki tahapan tes tertulis. Pada tahapan ini, Bawaslu Bangka Tengah akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada Jum’at, 13 Desember 2019 besok. Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan CAT tersebut, pada Senin (09/12) Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah melakukan uji coba pelaksanaan CAT di titik tempat pelaksanaan CAT yang telah ditetapkan, yakni di SMAN 1 Koba.

Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Bawaslu Bangka Tengah, Robianto mengatakan pihaknya akan menggunakan 55 unit komputer milik SMAN 1 Koba dari total 60 unit komputer yang disediakan.

“Sebanyak 55 unit komputer akan kita gunakan untuk seleksi CAT dan CAT ini hanya kita lakukan dalam satu sesi saja sebagaimana yang telah kita laporkan langsung ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi,” ujarnya Senin (9/12/2019) kemarin disela-sela kegiatan uji coba.

Robianto menyebutkan, pelaksanaan uji coba sistem CAT merupakan agenda serentak yang dilaksanakan di seluruh k
Kabupaten/Kota di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 mendatang.

“Tadi (kemarin) sudah kita laksanakan uji coba sistem CAT di SMAN 1 Koba. Uji coba ini kita lakukan guna memastikan tidak ada kendala dalam pelaksanaan seleksi CAT mendatang,” ungkapnya.

“Alhamdulillah dari hasil uji coba ini semuanya berjalan lancar dan kita juga tadi sudah memastikan kecepatan internet disini (SMAN I Koba) mencapai 52 MBPS. Kecepatan internetnya stabil dan memang tadi ada beberapa PC saja yang memang kondisi agak terganggu. Tapi, jumlah minimal sebanyak 55 PC yang akan kita fungsikan sudah terpenuhi,” terangnya.

Selain melakukan uji coba pelaksanaan CAT, pihaknya juga sudah merampungkan hasil penelitian administrasi terhadap berkas-berkas pelamar bakal calon Panwascam.

“Sebanyak 55 orang pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi dari total 56 orang yang telah menyerahkan berkas lamaran. Satu orang yang tidak lulus ini memang dikarenakan berkasnya tidak lengkap,” imbuhnya.

Lebih lanjut Robianto menyampaikan rincian 55 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut terdiri dari 38 orang laki-laki dan 17 orang perempuan yang tersebar di 6 Kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Untuk rincian per kecamatan, antara lain Kecamatan Koba sebanyak 12 orang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 4 orang, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 7 orang terdiri dari laki-laki 5 orang dan perempuan 2 orang, Kecamatan Sungai Selan sebanyak 10 orang terdiri dari laki-laki 6 orang dan perempuan 4 orang,” ungkapnya.

“Selanjutnya Kecamatan Simpangkatis sebanyak 7 orang terdiri dari laki-laki 5 orang dan perempuan 2 orang, Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 10 orang terdiri dari laki-laki 9 orang dan perempuan 1 orang, Kecamatan Namang sebanyak 9 orang terdiri dari laki-laki 5 orang dan perempuan 4 orang,” sambungnya.

Untuk nama-nama calon Panwascam yang dinyatakan lulus administrasi, ia menuturkan diumumkan melalui media massa. Selain itu, para calon juga dapat mengecek melalui laman Bawaslu Bangka Tengah http://batengkab.bawaslu.go.id, atau media sosial Facebook @bawaslukabupaten Bangka Tengah dan Instagram @bawaslu_bangkatengah serta Twitter @bawaslubateng.

“Selain itu, pengumuman calon yang lulus administrasi ini akan kita tempel di seluruh kecamatan dan titik-titik strategis lainnya guna mendapat masukan dari masyarakat,” ucapnya.

Para calon yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi ini, menurutnya berhak untuk mengikuti CAT pada Jum’at, 13 Desember 2019 di ruang laboratorium komputer SMAN I Koba dan tes wawancara pada tanggal 14 s.d. 17 Desember 2019 di Kantor Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah.

“Untuk CAT kita harapkan para calon Panwascam sudah hadir di lokasi tes pada pukul 07.30 WIB, karena pelaksanaan tes kita mulai tepat pukul 08.00 WIB,” tandasnya. (reza).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here