Pemkab Asahan Gelar HKN ke 55

0
79

Prioritas.co.id, Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, dengan melaksanakan upacara di halaman kantor Bupati Asahan, Rabu (27/11/2019).

Dalam kesempatan itu, sebagai pembina upacara, Bupati Asahan, Surya membacakan pidato Menteri Kesehatan RI mengatakan peringatan HKN kali ini bertemakan “Generasi Sehat Indonesia Unggul”, sebagaimana hal tersebut telah diamanatkan oleh Presiden RI dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian Pemerintah dalam kurun waktu 5 tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Lebih lanjut, Surya mengatakan ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yaitu stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain itu, menurut Surya, dua isu kesehatan Iainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya”, tegasnya.

Selanjutnya, Surya juga menyampaikan bahwa JKN telah dilaksanakan sepenuhnya. Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk itu, Surya berharap dapat menemukan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata.

Pada moment HKN kali ini, Bupati Asahan memperoleh penghargaan Swastisaba Padapa merupakan penghargaan pada tingkat pemantapan dari Forum Kabupaten Sehat yang diserahkan Humaidi S. Pane.

Dikesempatan yang sama, Bupati Asahan juga menyerahkan piagam kepada pemenang lomba dalam rangka HKN, antara lain lomba senam peregangan tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diraih Puskesmas Gambir Baru, lomba PHBS tingkat Kabupaten Asahan diraih Desa Suka Makmur Kecamatan BP Mandoge, lomba asuhan mandiri tradisional diraih Kelurahan Sendang Sari Kecamatan Kisaran Barat, lomba LBS diraih Desa Sei Silau Timur Kecamatan Buntu Pane.

Pada penyerahan penghargaan tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan di Puskesmas Kabupaten Asahan diraih Afrina Dewi Hasibuan dari Puskesmas Simpang Empat kategori dokter teladan.

Kegiatan ini dihadiri para Asisten, OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, mahasiswa dari kampus kesehatan, pegawai rumah sakit dan instansi lainnya. (Bolon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here