Pelayar Sail Yacht Terdampar di Perairan Air Batu Koba

0
609

Prioritas.co.id, Koba – Dua orang Pelayar Sail Yacth yang merupakan Warga Negara Asing terdampar di Perairan Air Batu Komplek PT.Koba Tin Kelurahan Padang Mulya, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Mereka bernama Carlie (37) Captain Sail Yact yang merupakan Warga Negara Swedia dan Entienne (33) Crew merupakan Warga Negara Prancis.

Adapun Kapal Sail Yacht yang di awaki kedua WNA ini mengalami kerusakan mesin kapal pada Jum’at (22/11). Mesin di perbaiki tak kunjung selesai, akhirnya salah seorang nelayan Kelurahan Padang Mulya membawanya menepi ke pinggir pantai.

Nelayan bernama Yanto (33) tersebut kemudian mencarikan mekanik untuk memperbaiki mesin Sail Yacth. Selama memperbaiki mesin, kedua WNA tersebut pulang pergi ke Sail yacth sesekali menginap di salah seorang rumah warga Kelurahan Padang Mulya satu malam. Selasa (26/11), kedua pelayar tersebut kembali melanjutkan perjalanannya mengelilingi dunia dengan rute selanjutnya Perairan Kota Batam Kepulauan Riau lalu Negara Malaysia, India seterusnya hingga ke Benua Eropa.

“Jum’at pekan kemarin itu, kedua WNA saya temui sudah mau menepi di pinggir pantai. Mereka minta antar beli BBM Solar ke SPBU dan mengambil uang ke ATM,” kata Yanto, Selasa (26/11).

Yanto sempat mengantarkan BBM Solar ke Sailyacth menggunakan perahu nelayannya. Setelah itu, memberitahukan ke salah seorang warga lainnya Andre untuk mencarikan mekanik mesin Sail yacht.

“Sudah saya antar BBM solar. Mesin kapal mereka yang rusak di perbaiki mekanik hingga selesai senin kemarin,” ungkapnya.

Kasat Polpp Bateng, Mulyanto di dampingi Kepala BPBD Kesbanpol Bateng, Jauhari SH, Camat Koba, Muslimin mengatakan selama di daratan WNA itu di kawal oleh staf Polpp, Kecamatan dan Kelurahan memenuhi kebutuhan mereka sebelum kembali berlayar.

“Kita anggap tamu mereka ini,” katanya.

Selanjutnya, Selasa (26/11). Pihaknya menghubungi Kantor Imigrasi Pangkalpinang memeriksa Dokumen Keimigrasian. (reza).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here