Pemkab Asahan Sosialisasikan ASADA

0
35

Prioritas.co.id, Asahan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar lauching dan sosialisasi Aplikasi Asahan Satu Data (ASADA) di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan, Selasa (29/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Sarana Prasaran Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Riris Kusmiyati mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan di bagipakaikan, memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah melalui aplikasi berbasis web dan meningkatkan pelayanan publik melalui pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.

Kemudian, Bupati Asahan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar mengatakan Pemerintah telah mengeluarkan peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia.

Menindak lanjuti hal tersebut, Pemkab Asahan telah membangun aplikasi/program ASADA. ASADA merupakan aplikasi berbasis web yang dientry oleh seluruh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Asahan.

ASADA diharapkan mampu menyajikan data dan informasi yang lengkap, terintegrasi, akurat, valid, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dapat dibagipakaikan, berkelanjutan, serta mudah diakses oleh seluruh masyarakat.

Keberhasilan ASADA ini akan sangat bergantung dan dipengaruhi oleh adanya ketersediaan data dan informasi dari masing-masing sektor yang dimiliki perangkat daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan yang telah membangun aplikasi ASADA ini”, ungkapnya.

Sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Zulkarnain.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Sekretaris Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, OPD, Camat dan tamu undangan lainnya. (Bolon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here