Jurnalis Lulus Uji Kompetensi Harus Jaga Ruh KEJ

0
69

Prioritas.co.id, BANDARLAMPUNG – Sebanyak 19 orang wartawan Medinas Group yang mengikuti UKW di Bandar Lampung dinyatakan lulus mengikuti uji kompeten, Sabtu (26/10/2019). Mereka adalah wartawan yang mengikuti program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke 2 yang digelar oleh Lembaga Penguji LSPR dan PT MJP di Hotel Sahid selama dua hari, 25-26 Oktober 2019, di Bandar Lampung.

UKW angkatan ke 2 terlaksana hasil kerjasama PT Medinas Jaya Perkasa dengan Lembaga Penguji, London School Off Publik Relation ( LSPR ), dari hasil UKW nilai tertinggi yang diraih Zulhaidir dengan nilai 890, dan nilai terendah 709.

Perwakilan Penguji UKW Angkatan ke 2, LSPR, Edhy Aruman mengatakan, dari 19 orang wartawan peserta UKW angkatan ke 2 yang digelar PT Medinas Jaya Perkasa, atau UKW yang ke 2 digelar LSPR secara nasional, hasilnya, sebanyak 19 wartawan dinyatakan sudah kompeten ,” ujarnya.

Tim Penguji Kompetensi LSPR Jakarta Edhy menambahkan, dengan tambahan 19 orang wartawan yang dinyatakan kompeten, sabtu (26/10/2019) ini, jumlah wartawan Medinas Group yang kompeten mencapai 57 orang,” terangnya.

Dengan terus bertambahnya jumlah wartawan yang kompeten, Edhy minta agar wartawan kompeten bisa menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik dan menjaga nama baik penguji serta amanah dimana pun tempat bekerja. Karena kami yang menyatakan kompeten melalui lembaga Penguji LSPR.

“Terlebih, lembaga uji LSPR merupakan Lembaga yang sudah terverifikasi Dewan Pers,” bebernya.

Hal terpenting lainnya, setelah dinyatakan kompeten, wartawan juga harus bisa menjaga ruh KEJ dan lebih profesional dan proprosional serta berkualitas, sesuai dengan tingkatannya.

Kalau yang kelas muda, harus lebih baik cara wawancara dan menulis berita, mengantarkan perusahaan menjadi semakin baik, serta bisa bermanfaat bagi Masyarakat luas.

“Sedangkan untuk jenjang utama, yang harus diingat adalah, bahwa baik jeleknya penyebaran informasi di negara ini tergantung pada pimpinan surat kabar. Jika pimpinan menyatakan merah, maka informasi akan menjadi merah. Makanya, UKW ini harus benar-benar mempertajam kualitas,” tegas Edhy

Pimpinan Umum Medinas Lampung, Nara S Karta Dilaga, mengucapkan selamat kepada para wartawan yang telah dinyatakan kompeten. Sementara bagi wartawan yang belum kompeten diminta tidak patah semangat, karena masih bisa mengikuti UKW di kesempatan lainnya.

Khusus untuk wartawan yang kompeten, Nara S Karta Dilaga minta benar-benar bisa menjaga marwah dan profesionalisme sebagai seorang wartawan. Caranya, menunjukkan melalui kinerja dan perilaku di lapangan, baik secara praktis, moral maupun etik.

“Karena sudah kompeten, kerjanya secara praktis, moral dan etik harus menjadi semakin bagus,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya, kata Nara S Karta dilaga, juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak dan Lembaga Penguji, London School Off Publik Relation ( LSPR ), atas terselenggaranya UKW ke 2, PT MJP, dengan lancar.

Sementara Pimpinan Perusahan Medinas Lampung, Hasbulloh,ZS menyampaikan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan UKW yang ke 2, yang digelar di Hote Sahid Bandar Lampung selama dua hari (25-26 oktober 2019).

“Semoga ke depan pelaksanaan kegiatan UKW seperti ini bisa lebih sukses lagi,” katanya. Dengan semakin banyaknya wartawan yang kompeten, Hasbulloh berharap, dalam menjalankan tugasnya di lapangan, wartawan menjadi lebih profesional dan proporsional.

“Kalau ada berita negatif, tolong dikonfirmasi. Biar informasinya yang disampaikan ke masyarakat tidak simpang siur, dan beritanya berimbang,” tegasnya. (red/rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here