DPMD Gelar Sosialisasi e-voting Pilkades

0
66

Situbondo, Prioritas.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyakat Desa Kabupaten Situbondo mulai hari ini, melakukan sosialisasi pencoblosan sistem eletronika atau e-voting pilkades di wilayah Kecamatan Kendit, Senin (14/10/2019).

Sosialisasi yang berlangsung di rumah H. Supoyo di Dusun Krajan Utara RT. 001 RW.002 Desa Balung, Kecamatan Kendit, dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Drs. Suradji, Kabid Pemerintahan Desa Yogie Kripsian Sah, Camat Kendit Timbul Suryanto dan Pj Kades Balung serta pihak terkait.

“Sosialisasi e-voting yang dimulai hari ini, hingga H-1 pelaksanaan pencoblosan agar diketahui oleh masyarakat. Sosialisasi akan dilakukan secara estapet dari dusun ke dusun di lima desa yang mengikuti pilkades e-voting di wilayah Kecamatan Kendit,” jelas Suradji.

Bukan itu saja yang dikatakan Suradji, namun dia juga menjelaskan, jadwal sosialisasi pencoblosan sistem e-voting di Desa Balung pada hari ini, ada tiga dusun diantaranya Dusun Krajan Utara, Alas Sumur dan Dusun Karang Polo.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini seluruh masyarakat pemilih bisa mencoba agar paham cara menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Suraji juga menghimbau kepada masyarakat agar menyimpan KTPnya dengan baik, karena kunci suksesnya pilkades e-voting adalah e-KTP.

“Kepada masyarakat agar mau mengikuti sosialisasi ini dan menyimpan KTPnya dengan baik, ” pungkas Suradji.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Pilkades Desa Balung, Suharsono SPd mengatakan, sosialisasi e-voting yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Situbondo disambut positif oleh masyarakat Desa Balung.

“Masyarakat Desa Balung sangat antusias terhadap pilkades yang menggunakan sistem e-voting. Sosialisasi ini dilakukan di Desa Balung untuk yang ke dua kalinya,” jelas wakil ketua Pilkades Desa Balung.

Dilain pihak, Sugiarto warga Dusun Krajan Utara, Desa Balung mengatakan, pihaknya merasa senang adanya sosialisasi e-voting tersebut. Namun, dia juga berharap sosialisasi e-voting kalau bisa dilakukan pada sore hari, sehingga tidak mengganggu pekerjaan masyarakat.

“Sosialisasi ini sangat penting, tapi kalau bisa dilaksanakan sore hari, sehingga tidak menggangu aktivitas masyarakat, ” ujarnya.

Surahman warga Dusun Krajan Utara RT.001 RW. 002 Desa Balung mengatakan, pilkades menggunakan e-voting bisa meminimalisir kecurangan pilkades.

“Saya sangat mendukung sistem pilkades e-voting ini, karena e-voting dapat mencegah kecurangan-kecurangan, ” kata Surahman.(Sony).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here