UPT Puskesmas Fajar Mulia Gelar Kampanye GERMAS

0
117

Prioritas.co.id, Pringsewu – Guna terus memberikan pemahaman masyarakat akan pentingnya perilaku hidup sehat, Pemkab Pringsewu, melalui Dinas kesehatan dan UPT puskesmas Fajar Mulia, kembali mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),di Kecamatan Pagelaran Utara, Jumat ( 27/09/19) Pukul 08.00 WIB pagi.

Bertempat di lapangan hijau pekon Fajar Mulya, Kecamatan pagelaran Utara, kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, digelarnya kampanye germas dengan tema jalan sehat makan buah dan senam bersama, sekaligus dilakukannya pengukuhan Club jantung sehat se-Kecamatan pagelaran Utara.

Acara yang diawali dengan jalan sehat dilanjut dengan senam bersama, dihadiri oleh kurang lebih 3000 peserta, dibuka oleh Bupati Pringsewu  Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A.

Pada pembukaan Germas, Wakil Bupati menyampaikan, puji syukur atas rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena berkat limpahan rahmat dan hidayahnya, kita dapat berkumpul bersama dalam kegiatan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat di UPT Puskesmas Fajar Mulia saat ini, “ucap Wabup.

” Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam program pemerintah dalam upaya dalam menjaga kebersihan serta, kesehatan lingkungan di kabupaten Pringsewu yang bersahaja,”ujar wabup.

Lanjut Wabup, “Germas sendiri, adalah tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa yang dilakukan penuh dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, “imbuh Wabup.

Salah satu pesan yang harus disebarluaskan ke seluruh masyarakat, dalam meningkatkan kesehatan sebagai investasi bangsa yaitu kesehatan yang harus dimulai sejak dini dan berperilaku sehat, dapat mencegah berbagai penyakit.

“Dengan diadakannya kampanye gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, tahun 2019 diharapkan akan mampu menekan serta meminimalisir Dampak yang diakibatkan oleh penyakit menular dan tidak menular, yang dapat mengakibatkan kecacatan maupun kematian, serta untuk menekan biaya untuk Pelayanan Kesehatan sebagai akibat dari meningkatnya berbagai macam penyakit yang ada di masyarakat, gerakan masyarakat hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik minimal tiga puluh menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, pemeriksaan kesehatan secara rutin 6 bulan sekali, tidak merokok, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban sehat serta tidak mengkonsumsi alkohol dan narkoba. Dalam hal ini, sangat dibutuhkannya dukungan dari lapisan seluruh masyarakat lintas sektoral baik pemerintah pusat, serta pemerintah daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat untuk bersama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat yang dinamis dan berkelanjutan demi kabupaten Pringsewu yang kita cintai ini. “Pungkasnya.

Acara diahiri dengan pengukuhan kepengurusan klub jantung sehat se-Kecamatan pagelaran Utara oleh Hj.Rita irviani selaku ketua Yayasan jantung sehat Indonesia Cabang Pringsewu, dilanjut dengan penyerahan hadiah undian Germas yang diserahkan langsung oleh wakil bupati Pringsewu.

Turut hadir dalam kesempatan, Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A, Kadis kesehatan Purhadi ,Ketua jantung sehat kabupaten pringsewu Hj.Rita irviani,sekertaris dinas kesehatan Sujarwo,SE, Kabid kesmas pada dinas kesekatam kabupaten pringsewu Nuryanto, Camat pagelaran Utara Rohadan SE, Kasubsektor Pagelaran Utara Ipda Sudirman, KA UPT pendidikan pagelaran Utara Drs H.Tainal Abidin S.pd, SE, KA UPT kesehatan Puskesmas Fajar Mulya Dr Yohanes, tokoh masyarakat, Pemuda, beserta seluruh lapisan masyarakat se-kecamatan pagelaran Utara. (Davit).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here