Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil Adakan Lomba Memasak Ikan Untuk Sosialisasi Gemarikan

0
298
Sosialisasi gemar masyarakat makan ikan (Gemarikan) oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Rokan Hilir, Riau, Sabtu (21/9).

Bagansiapiapi, Prioritas.co.id — Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hilir, Riau, menggelar acara lomba masak serba serbi ikan dan gemar masyarakat makan ikan (Gemarikan), yang dilaksanakan di Pujasera, Jalan Taichong, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada Sabtu (21/9).

Peserta lomba memasak berbahan baku semua jenis ikan ini berasal dari 19 peserta perwakilan pemberdayaan kesejahteraan keluarga atau PKK dari tiap-tiap Kecamatan yang ada di Rokan Hilir.

Acara lomba memasak ikan untuk mensosialisasikan gemar masyarakat makan ikan atau Gemarikan ini di hadiri Bupati Rokan Hilir, serta Forkopimda Rohil.

Kepala Dinas Perikanan  Muhammad Amin mengatakan lomba memasak menu serba ikan ini untuk memasyarakatkan warga mengkonsumsi ikan. “Karena ikan termasuk dalam makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3, juga membantu pertumbuhan, terutama tulang anak dan pertumbuhan otak, sehingga anak sehat dan cerdas” ujar Amin.

Panitia kegiatan juga mengundang pakar kuliner, yakni chef Marwan dari Pekanbaru sebagai juri penilai sekaligus sebagai pembina. “Saya di sini sebagai dewan juri sekaligus sebagai pembina. Kenapa kita harus mengadakan lomba gemar makan ikan, agar mencegah kurus atau stunting bagi anak anak balita. Lomba ini dijadikan kreatifitas supaya anak anak itu gemar dan mau mengkonsumsi ikan. Para peserta lomba bebas menentukan bentuk ikan seperti apa, namun harus dibuang tulang. Ikan bisa dibentuk seperti nugget atau bentuk lainnya, yang penting tidak pakai tulang lagi,” kata chef Marwan.

Bukan hanya masyarakat yang hadir, Bupati Rohil Suyatno bersama tamu undangan lainnya tidak kalah antusias untuk mencicipi menu masakan ikan tersebut. (Donald Freddy, Alex Marzen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here