Peringati Dirgahayu ke-74 RI, Forkopimda Labuhanbatu Diwarnai Pawai Obor dan Taptu

0
167
Forkopimda kabupaten labuhanbatu peringati HUT Dirgahayu ke-74 Republik Indonesia.

Prioritas.co.id, Labuhanbatu – Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia yang dilaksanakan di jalan Wr. Supratman, kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, jumat (16/8/2019) Pukul 20:10 Wib. Serta memiliki sejumlah tradisi yang rutin setiap tahunnya diselenggarakan guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat Kabupaten Labuhanbatu.

Selain Upacara Peringatan Detik-tetik Proklamasi, tradisi-tradisi lainnya yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Labuhanbatu adalah malam Taptu (Pawai Obor) serta Renungan Suci dan Ziarah ke Makam Pahlawan (TMP), jalan SM,Raja Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu.

Taptu atau Pawai Obor digelar setiap tanggal 16 Agustus pada pukul 18.10 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Satuan Polisi Pamong Praja, serta para mahasiswa, pelajar, pramuka, dan organisasi Kepemudaan. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala.

Kegiatan diawali dengan upacara pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh Kasdim 0209/LB, Mayor INF Ertiko Cholifa,SPd,SH. Selaku Komandan upacara Komandan Upacara Lettu inf SI Simanjuntak, Kapolres labuhanbatu AKBP Frido Situmorang Sik, Plt bupati labuhanbatu H.Andi Suhemi Dalimunthe ST.MT.Dan OPD, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Sebelum berangkat, Para peserta terlebih dahulu menyalakan obor secara berurutan, Dimulai dari peleton pasukan paling depan dan menjalar hingga peleton pasukan paling belakang.

Suasana malam disepanjang jalan yang dilintasi oleh para peserta pawai obor tersebut terlihat sangat dramatis, seperti masa perjuangan dahulu.

Gelapnya malam diwarnai oleh api obor yang menyala serta nyanyian lagu-lagu perjuangan yang dikumandangkan para peserta membuat keadaan semakin syahdu.
Hal ini sangat sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut,
yaitu untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat.

Acara di lanjutkan dengan pengukuhan paskibraka oleh Plt bupati labuhanbatu yang di awali dengan laporan pemimpin upacara serta penyematan dek dipundak calon paskibraka yang dilaksanakan secara sakral dan suasana yang hening dan hikmad di ruangan aula pendopo.

Selain Taptu, kegiatan lainnya adalah Renungan Suci dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) di jalan A.Yani Rantauprapat, kabupaten labuhanbatu.

Kegiatan ini berlangsung tepat pada pergantian hari pada tanggal 17 Agustus pukul 00.00 WIB.

Yang dipimpin oleh Kapolres Labuhanbatu , AKBP. Frido Situmorang Sik , Plt Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhemi Dalimunthe ST.MT. Sedangkan peserta lainnya adalah para ASN, anggota TNI, dan Polri.

Renungan Suci dan Ziarah Makam tersebut dilakukan guna mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur yang telah merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Melalui kegiatan ini, kita sebagai generasi penerus diharapkan dapat meneladani sikap, semangat, dan pengorbanan yang telah dilaksanakan oleh para pahlawan kita yang telah gugur di Medan juang.

Hal ini untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke – 74 Republik Indonesia.

Namun demikian tradisi tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini, dan akan terus dipertahankan di masa-masa yang akan datang.

Dengan harapan, pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan tersebut tidak akan sia-sia, melainkan akan terus diingat sepanjang Masa sehingga harus dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa indonesia. (Dody)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here