Suparman : Transparan dan Akuntabel Kunci Sukses Membangun di Pekon Waykunyir

0
110

Prioritas.co.id Pringsewu – Sarana prasarana program pembangunan tentunya membawa dampak positif bagi setiap pekon yang merealisasikan Dana Desa (DD).

Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari transparan serta akuntabel sesuai dengan peraturan Undang-undang yang sudah tertata dari Pemerintah pekon atau permendes.

Penilaian transparan dan akuntabel tentunya menyangkut berbagai macam hal yang terkait dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan publik, baik itu yang bersifat skala kecil maupun berskala besar.

Dimana dalam pelaksanaan dan proses operasionalnya akan membutuhkan kerja sama diantara beberapa divisi atau bagian-bagian tertentu yang akan saling berhubungan satu dengan yang lainnya, dan dalam pelaksanaan inilah sebuah prosedur yang akuntabel akan sangat dibutuhkan sebagai wujud tanggung jawab kepada Pihak-pihak yang membutuhkan informasi berbagai administrasi.

Contohnya program dana desa yang direalisasikan Pekon waykunyir, Kecamatan Pagelaran utara, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Wisata Air Terjun Way Pagasan ( Yudi Antoni prioritas.co.id)

Pekon Waykunyir, di bidang pengalokasian dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang di terima tahun 2019, begitu sangat transparan dan akuntabel.

Dibawah kepemimpinan Suparman. selaku kepala pekon waykunyir.
Suparman, telah benar-benar menerapkan amanat yang dipercayakan baik dari pekon maupun dari pemerintah, dengan tujuan pemerataan pembangunan guna mensejahterakan masyarakat, dalam beraktivitas sehari-hari untuk menunjang perekonomian warga, ”
ungkap suparman, Kepada prioritas.co.id.

Suparman menjelaskan, Program dana desa merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat pekon khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, serta mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Pekon.

Alokasi pembangunan infrastruktur yang sudah terealisasi maupun yang sedang berjalan di Pekon waykunyir baik tahap satu ataupun tahap ke dua pada tahun 2019 ini, tentunya berdasarkan atas permintaan masyarakat setempat sesuai hasil musyawarah masyarakat pekon yang telah kami tuangkan dalam Musrenbang/Rencana APBDes dan kami selaku jajaran aparat Pekonl waykunyir hanya merealisasikan serta menyesesuaikan sesuai Rencana Anggaran Biaya Desa tahun 2019, dengan penuh transparansi pengalokasian pembangunan infrastruktur baik pada tahap 1 dan tahap ke 2, yang lagi dikerjakan masyarakat setempat, seperti, pembuatan jalan onderlag serta pembukaan jalan berikut pembuatan gorong gorong di Dusun 4, serta perehaban kantor Pekon( ADP), “ungkapnya.

Untuk kesemua proyek pembangunan tersebut kami laksanakan sesuai dengan harapan masyarakat setempat guna mempermudah jalannya akses serta aktivitas masyarakat dalam menunjang perekonomian sehari-hari. “kata Suparman.

Ajumi dan Gopeng, selaku Kepala Dusun atau kepala wilayah, yang sekaligus mewakili masyarakat setempat, mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran aparatur Pekon waykunyir,vterutama kepada Suparman selaku kepala pekon, yang sudah memperlihatkan transparansinya dalam menggunakan dana desa kepada masyarakat setempat serta, memperdayakan warga masyarakat dalam proses pengerjaannya, “ucapnya.

Terkait pembangunan yang sudah terealisasi, kini masyarakat Pekon Waykunyir khususnya, kini sudah bisa merasakan manfaatnya dalam melancarkan aktivitas sehari-hari dalam meningkatkan kualitas perekonomian,” pungkasnya. (Yudi).

Editor : Darmawan S.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here