Dapatkan Narwasita Tantra, Bateng Didatangi Komisi D DPRD Batang

0
95

 

Prioritas.co.id, Koba – Berkat kerja team Bangka Tengah (Bateng) yang unggul dan dukungan seluruh elemen masyarakat mendapatkan Nirwasita tantra, Komisi D DPRD Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah kunjungi Kabupaten Bateng, Senin (5/8).

Diraihnya penghargaan tersebut menandakan sebuah komitmen yang kuat dari pemerintah Kabupaten Bateng dalam menata lingkungan dengan menyusun dokumen indeks kualitas lingkungan hidup daerah.

Untuk itu lah Pemerintah Kabupaten Bateng telah memberikan kewenangan penangan kebersihan kepada dinas Lingkungan Hidup untuk mengelola sampah.

Adapun inovasi yang telah dilakukan Kabupaten Bateng dalam Nirwasita tantra yaitu Pengolahan Pupuk kompos balok, lahan eks. Tambang didarat untuk usaha budi daya pertanian yaitu bawang merah, cabe dan nanas, kolong yaitu sumber air baku, wisata kolong biru dan tambak budidaya ikan serta lainnya.

Beberapa pertanyaan tersebut diatas merupakan pertanyaan dari Komisi D DPRD Kabupaten Batang propinsi jawa tengah dalam kunjungan kerja koordinasi dan konsultasi disaat berkunjung ke Kabupaten Bangka Tengah pada hari senin tanggal 5 Agustus 2019 bertempat diruang VIP Bupati Bangka Tengah.

Kegiatan tersebut dalam rangka koordinasi dan konsultasi komisi D Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah untuk mencari format solusi serta mencari kiat-kiat untuk mendapat penghargaan nirwasita tantra yang telah diraih Kabupaten Bangka Tengah.Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan A. Syarifullah Nizam dalam membacakan sambutan Bupati Bangka Tengah menyampaikan bahwa Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam penanganan lingkungan sudah dilaksanakan dengan mengoptimalkan sistem pelayanan persampahan dan bank sampah.

“lahan bekas tambang menjadi lahan pertanian dan perkebunan, pemanfaatan kolong bekas tambang untuk budidaya ikan, kolong bekas tambang menjadi tempat wisata, kolong bekas tambang menjadi SPAM,” katanya di hadapan Komisi D Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah.

Kemudian lanjutnya untuk mengatasi kerusakan lingkungan misalnya perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak.

Ketua rombongan selaku ketua komisi D kabupaten Batang, H. Tofani Dwi Arieyanto beserta rombongan mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajarannya atas sambutannya yang telah diberikan.

“Terimakasih telah menyambut kami dengan baik,” Ujar Tofani.

Adapun maksud dan tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk mengetahui isu-isu prioritas dan isu lingkungan dalam meraih nirwasita tantra di Kabupaten Bangka Tengah.

“Kami ingin mengetahui langsung, ternyata memang Bangka Tengah Luar biasa,” terang Tofani.

Kemudian diskusi ini diharapkan merupakan bagian awal dari pencarian solusi untuk mengembalikan fungsi kawasan didaerah Jawa Tengah yang telah rusak akibat kegiatan penambangan maupun kegiatan lainnya di propinsi jawa tengah sehingga lingkungan yang baik dan hutan lestari dapat dinikmati oleh generasi penerus dimasa mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan ini dari pemkab Batang yaitu Ketua Komisi D H. Tofani Dwi Arieyanto, Wakil Ketua Komisi D, Sekretaris Komisi, beserta anggota komisi yang berjumlah 13 orang.

Kegiatan ini didampingi yaitu para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, Para Kabag, Sekretaris, Kepala Bidang, serta para tamu undangan. (Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here