Diduga Lakukan Kecurangan, Proyek Bendungan Way Sekampung Akan Dilaporkan ke Presiden RI

0
946

Prioritas.co.id Pringsewu – Forum Pembaruan Kebangsaan dan kualisi kepala pekon kabupaten Pringsewu akan mengirimkan surat kepada presiden RI Joko Widodo, meminta untuk segera dilakukannya penundaan proyek bendungan way sekampung yang dinilai pengerjaan nya diduga banyak melakukan kecurangan.

Warga masyarakat menganggap, apabila proyek bendungan Way Sekampung tetap terus dikerjakan tidak sesuai pada spesifikasi dan RAB, bendungan dianggap akan membahayakan dikemudian hari. Jika pengerjaan bendungan itu terus dilakukan tidak sesuai aturan, atau dengan kata lain, diketahui, bahwa proyek bendungan secara sadar telah mengunakan batu Quarsit Sikis salah satu matrial yang digunakan untuk menimbun, jika itu terus dilakukan disinyalir kekuatan bendungan tidak akan kokoh sehingga bendungan tidak akan mampu menopang kekuatan air bersekala besar, tidak menutup kemungkinan menurut warga, bendungan  tersebut akan mudah jebol.

Untuk diketahui, kepala Pekon dan tokoh masyarakat yang ada di lingkungan proyek bendungan way sekampung Pringsewu, telah mengambil jalan dengan cara melakukan musyawarah terkait permasalahan menyangkut pada proyek pengerjaan pembangunan bendungan, hingga berlanjut dengan dibuatnya berita acara musyawarah yang telah dilakukan antar pekon di kabupaten Pringsewu, Pada Kamis (14 /02/2019).

Masyarakat Pringsewu mewarning. Jika bendungan tidak dibangun sesuai kontruksi yang sebenarnya, dikhawatirkan akan berdampak membahayakan keselamatan warga masyarakat Pringsewu yang berada di bawah bendungan atau sekitar aliran bantaran sungai Way Sekampung.

Dengan demikian masyarakat yang didampingi bersepakat, untuk mengajukan somasi kepada Pimpinan Proyek yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembangunan way sekampung agar untuk sementara pembangunan dihentikan atau ditunda sampai adanya jaminan bagi semua warga Pringsewu bahwa pembangunan Bendungan tersebut sudah aman sesuai dengan konstruksi yang telah dirancang.

Adapun beberapa alasan terkait pernyataan kami di atas adalah :

1. Bahwa bahan yang digunakan sangat tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan

2. Terkait adanya target percepatan target pembangunan pada Desember 2019 kami kuatirkan akan dikerjakan asal jadi dan dampaknya kualitas bangunan tidak bagus

3. Secara azas manfaat kami warga Pringsewu hanya mendapatkan manfaat yang skala kecil sekali , justru kabupaten atau kota lainnya yang mendapatkan manfaatnya sementara kalau pembangunan Bendungan tersebut tidak sesuai dengan rancangan awal dan fungsi yang telah ditetapkan ada khawatiran dari kami bendungan tersebut suatu waktu akan hancur dan warga Pringsewu yang pertama terkena musibah atau bencana
Untuk ini kami mohon dengan hormat kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo untuk berkenan langsung meninjau pembangunan Bendungan tersebut kami yakin apa salah mencintai warga Pringsewu Sama halnya kami juga sangat mencintai bapak presiden jangan sampai rakyat Bapak ini menjadi korban materi material dan bahan-bahannya Jawa Ketika suatu saat benua tersebut hancur atau jebol karena kualitas tidak bagus Selanjutnya kami mohon kepada bapak presiden agar mengintruksikan kepada kementerian PUPR dan jajarannya untuk menghentikan atau penundaan pembangunan Bendungan tersebut Sampai akhirnya zamina pembangunan Bendungan tersebut telah sesuai dengan konstruksi yang telah memenuhi standar yang telah ditentukan.

Daftar hadir peserta musyawarah antar pekon dan forum pembauran kebangsaan Pringsewu :

1.Ketua Apdesi Kab. Pringsewu Riduan
2.Ketua Apdesi Kec. Sukoharjo Purwoko
3.Kepala pekon sinar baru timur Totong
4.Kepala pekon Sukarjo 3 Gunanto
5.Kepala pekon Siliwangi Maryono
6.Kepala pekon sukoyoso Muhaimin
7.Kepala pekon bukarjo 1 marsandi
8.Kepala pekon Sukarjo 2 Sukartono
9.Kepala pekon Pandansari Ngadiran
10.Kepala pekon panggung Rejo Sumardiana
11.Kepala pekon Pandansari Eko parioto
12.Kepala pekon pandan surat hayrudin
13.Kepala pekon Sukarjo 2 Siggit puji
14.Kepala pekon sinar baru Saiman
15.Kepala pekon Waluyo jati Gunawan
16.Kepala pekon Pajar agung Wahidin
17.Kepala pekon Bumi Arum mukaril
18.Kepala pekon Wates Irwan
19.Kepala pekon kalten ngadik
20.Kepala pekon bulu Rejo Suherman
21.Kepala pekon Jogja Karta Selatan Mursidi
22.Kepala pekon Kediri Subandi
23.Kepala pekon Mataram Rahmat
24.Kepala pekon Tulung agung Darmawan
25.Kepala pekon Wates timur Suheri
26.Kepala pekon tambk Rejo Supriadi
27.Kepala pekon tambk Rejo barat catur Budi
28.Kepala pekon Wates Selatan irtamzah
29.Kepala pekon podorejo wartoyo
30. Kepala pekon Blitar Rejo .h.maryanto
31.Kepala pekon Nusa Wungu Joko Supriono
32.Kepala pekon Sri Rahayu Suryono
33.Kepala pekon banyu Urip edisi
34.Kepala pekon sinar mulia odi Warsono
35.Kepala pekon sri Wungu subur
36.Kepala pekon Banyumas Wasino
37.Kepala pekon suka mulia Nova
38.Kepala pekon Rejo sari MISPAN

Demikianlah berita acara ini kami buat dengan sebenarnya tanpa ada paksaan atau motif-motif politik dan justru didorong atas rasa bertanggung jawab sebagai kepala atau desa yang juga bertugas memberi rasa aman dan nyaman kepada warganya berita acara ini resmi dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya Pimpin sidang Drs.H. Wanawir AM.MM,,.MPD Pringsewu 14 Februari 2019 Sekretaris sidang Hurairi Nawawi (Davit/red).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here