Pekon Sukamulya Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur

0
136

Prioritas.co.id, Pringsewu – Program Anggaran Dana Desa (ADD) dan Anggaran Dana Pekon (ADP) yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke pekonl sukamulya melalui Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, benar-benar telah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pekon setempat, baik di bidang pemberdayaan masyarakat, maupun bidang pembangunan infrastruktur fisik.

Program pembangunan, yang digiatkan jajaran aparatur pemerintah Pekon sukamulya yang di komandoi Nova Kurohman bersama masyarakat setempat menjadikan pekonl Sukamulya lebih maju dan berkembang, seperti, pembangunan yang sudah ada.

Hal tersebut terbukti, dapat dirasakan dengan adanya pembangunan infrastruktur fisik di setiap titik di tingkat Dusun hingga RT.

Infrastruktur fisik tersebut telah mempermudah aktivitas masyarakat dalam meningkatkan kualitas perekonomian dan kesejahteraan warga setempat.
tahap demi tahap.

Nova Kurohman, Selaku Kepala Pekon sukamulya, Kecamatan banyumas, Kabupaten pringsewu. Lampung, sosok seorang kepala pekonl yang di kenal masyarakat berkepribadian humoris dan santun dalam melayani masyarakatnya. Di hadapan prioritas.co.id ketika dijumpai di kantornya, terkait realisasi anggaran Dana Desa, Nova Kurohman menjelaskan.

“Anggaran Dana Desa (ADD)
telah direalisasikan untuk beberapa titik bidang pembangunan serta bidang pemberdayaan, di antaranya, Bidang Pemerintahan Pekonl, bidang Pembangunan Pekonl, bidang Pembinaan Masyarakat, dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Lanjutnya, Pekonl sukamulya pada tahun 2019 ini, baik tahap 1 ataupun tahap ke 2, telah mengalokasikan pembangunan infrastruktur fisik terbagi di beberapa titik di pekonl sukamulya, diantaranya, untuk tahap ke satu.
yaitu pembangunan lima titik gorong-gorong yang berada di Dusun 1 dan Dusun 2.
Pembangunan 6 titik sumur bor yang berada di Dusun 1 Dusun 2 serta dusun 3, “jelas Nova.

Untuk realisasi Dana Desa tahap kedua, atau yang saat ini sedang dikerjakan diantaranya yaitu, pembangunan drainase di Dusun 1 serta didusun 2, sebagai perencanaan untuk realisasi dana desa untuk tahap ketiga, sesuai dengan hasil musyawarah yang tertuang dalam musyawarah dusun, musawarah desa hingga tingkat musrenbang, untuk perencanaan di tahap ketiga ini, kami telah berencana akan melanjutkan pembangunan drainase di Dusun 1 dan Rusun 2. serta pembangunan rabat beton di Dusun 1 dan juga di Dusun 2, “papar Nova.

Terkait Untuk program pemberdayaan pekonl Sukamulya, untuk kesemuanya telah kami programkan pada perencanaan Realisasi dana desa pada tahap ke 3 di antaranya yaitu, program pelatihan kader posyandu, program pelatihan kinerja aparatur Pekon, serta pengelolaan badan usaha milik desa atau (BUMDESA).

Untuk Bumdesa, kami akan terus melakukan upaya agar bum desa bisa terus berkembang di Pekon Sukamulya, yang nantinya untuk Bumdes, akan selalu dilakukannya upaya peningkatan agar pemanfaatan bumdes, bisa menjadikan masyarakat pekon Sukamulya yang mandiri sejahtra sehingga, dengan adanya pengembangan bumdes di pekon kami, diharap bisa menjadikan masyarakat yang berkembang, dengan harapan Bumdes dapat menghasilkan pendapatan asli pekonl yang optimal. Dengan adanya Bumdes dimanfaatkan oleh masyarakat, diharapkan dapat dirasakan manfaanya dalam melancarkan pendapatan masyarakat dan Pekon sehingga, Bumdes dapat berpengaruh dalam mencapai meningkatkan perekonomian masyarakat.”Pungkasnya.

di lain tempat, Hari prasetyo, selaku kaur kesra, didampingi Herli, selaku tokoh pemuda karang taruna pekonl sukamulya. Mereka berdua, mewakili masyarakat pekon Sukamulya, menyampaikan rasa terima kasih-nya kepada Nova kurohman selaku kepala Pekonl, yang sudah dengan serius serta sungguh-sungguh terfokus untuk merealisasikan Dana Desa 2019 baik tahap 1 tahap kedua hampir merata.

Di tengah penyampaiannya, Hari Prasetyo dan herli mengatakan, bahwa mereka merasa bangga dan bersyukur terhadap Pemerintah Pekon sukamulya yang telah betul sungguh-sungguh untuk membangun pekon ini sehingga, dengan adanya pembangunan pembangunan di pekon sukamulya ini hampir tidak ada lagi yang menganggur, “ujarnya.

Seluruh warga pekon Sukamulya, memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah pusat dan Kabupaten, khususnya aparatur Pekon serta kepala Pekon, yang telah menggelontorkan serta merealisasikan anggaran dana di Pekonl kami karena, dengan adanya dana desa di Pekon Sukamulya ini, seluruh elemen warga masyarakat khususnya masyarakat miskin pengangguran kesemuanya dilibatkan untuk diberdayakan sebagai pekerja, disetiap pembangunan dana desa, kami, warga masyarakat Sukamulya merasa sangat terbantu.

“Untuk itu, kami sebagai warga berharap, di tahun berikutnya untuk anggaran dana desa oleh pemerintah pusat dapat ditingkatkan lagi sehingga, kami bisa terus di berdayakan dalam setiap pengerjaan pembangunannya. Semoga pekon sukamulya ini, kedepannya nanti bisa terus membangun untuk selalu menjadi pekon yang terus berbenah supaya sukamulya ini, tidak akan pernah tertinggal dari Pekon-pekon yang lainnya. “Harap Hari & Herli. (Dullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here