Kunjungi Bayi Tanpa Anus, Hj Iriani Ibnu Berikan Biaya Berobat

0
135

 

Prioritas.co.id, Sungaiselan – Mendengar Kabar soal seorang bayi bernama Jihan Ramadani berjenis kelamin Perempuan Warga Desa Tanjung Pura Kecamatan Sungai Selan yang terlahir tanpa memiliki lubang anus sudah sejak tanggal 7 juli 2019, Ketua TP PKK Bangka Tengah (Bateng), Hj Iriani Melita Ibnu saleh sambangi rumahnya.

Pantauan awak media Kamis (18/7), Hj.Iriani Melita mendatangi kediaman Jihan Ramadhani didampingi pihak Dinas kesehatan, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Bateng, Camat Sungaiselan dan Kades Tanjung Pura.

Tiba di rumah orang tua amri dan misrah, Hj Iriani Melita langsung masuk dan melihat kondisi jihan yang digendong ibunya. Hj iriani melita menanyakan kondisi jihan, meminta kedua orang tua Jihan segera mengobati Jihan hingga sembuh.

Setelah berbincang, Hj Iriani memberikan bantuan uang kepada orang tua Jihan untuk membeli keperluan biaya berobat Jihan sebesar Rp. 8.000.000,- dan di tambah bantuan dari dan dana Kesra Setda Bateng serta Baznas Bateng mengingat kedua orang tua jihan merupakan warga kurang mampu.Kepada wartawan usai menjenguk Jihan mengatakan, bahwa ia menyampaikan kepada dinas terkait untuk dapat memantau kondisi dan memperhatikan kesehatan Jihan termasuk segera membawa ke rumah sakit apabila kondisi Jihan sakit.

“Soal pembiayaan jelas sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah kabupaten Bangka Tengah melalui program BPJS,”katanya.

Lanjut dia, BPJS milik Jihan sudah didaftarkan, bisa langsung digunakan.

“Tidak ribet sebenarnya ngurus BPJS. Tadi sudah kita daftarkan dan sudah selesai. Karena jika orang tua sudah ada BPJS, maka untuk anak baru lahir cukup tunjukan Surat Keterangan lahir, KTP orang tua, Kartu Keluarga dan BPJS asli milik orang tua setelah itu keluar usai membayar iuran jika BPJS mandiri dan jika BPJSnya gratis maka langsung keluar tanpa bayar iuran apapun,”katanya.

Menurut dia, hal ini menjadi pembelajaran bersama, agar selalu berkoordinasi yang baik dilapangan.

“Saya kaget saja mendengernya. Alhamdulillah semua kita perhatikan dengan baik. Kedepan jika dilapangan susah dapatkan pelayanan, hubungi saya segera atau pak Bupati Bateng. Kita tidak mau dengar ada pelayan publik bekerjanya lambat, semua harus dilayani dengan baik dan cepat apalagi sifatnya urgent,”ulasnya.

Hj Iriani melita berharap Jihan segera sembuh dari penyakitnya. Orang tua Jihan diharapkan juga bersabar dalam merawat Jihan, semangat.

“Ini semua kehendak yang ‘Di Atas’, berdo’a dan berusaha atas kesembuhan Jihan. Kami Pemkab Bateng akan komitmen membantu masyarakat kurang mampu untuk berobat,”pungkasnya.

Bunda yanti selaku penyuluh kesehatan masyarakat, dan sekaligus pengelola paud dan ketua PKK Kelurahan dan merangkap ketua RT telah mengurus pemberkasan kk, ktp , surat keterangan tidak mampu, foto rumah, nota berobat dari dokter, bayi tersebut sudah diurus sejak tanggal 07 juli 2019 sebelum dibawa ke rumah sakit untuk di operasi.

“Benar orang tua bayi itu merupakan warga kurang mampu. Sebelum berangkat operasi, keluarganya sempat telpon saya nanya solusinya,” kata Yanti.

Yanti menyarankan agar langsung dibawa berobat, berkas mendapatkan biaya berobat dari Pemkab Bateng nanti dia yang mengurus.

“Kemaren bayi tersebut sempat dirawat dirumah sakit dan sekarang dalam keadaan control oleh dokter rumah sakit,” tutur yanti

Camat sungai selan yardiansyah dalam rilis nya berharap dengan kejadian ini seluruh kepala desa agar peka dengan keluhan masyarakat dan dapat berkoordinasi secepatnya dengan pihak kecamatan maupun PSM diwilayah desa masing-masing karena kades langsung bersentuhan dengan masyarkat yang mengetahui keadaan warganya.

“Dan juga masyarakat jangan malu atau segan memberitahukan informasi kejadian seperti ini,”kata yardi

Ia juga mempersilakan masyarakat yang mau menggunakan kendaraan roda empat silakan pinjam di Kecamatan Sungaiselan.

“Mobil APV yang ada di kecamatan silakan dipinjam selama untuj keperluan berobat. Tidak usah rental-rental, asal memberitahu informasinya ke Pemerintah Kecamatan sungaiselan,”Tegas Yardi.

Sementara salah seorang Kasi Kesehatan keluarga dan Gizi Masyarakat, Yumega dari Dinas Kesehatan Bangka Tengah mengatakan akan memantau kondisi Jihan sembari menyiapkan segara persayaratan adminstrasi beberapa hari ini untuk kontrol kerumah sakit.

“Kita akan pantau terus perkembangan Jihan. Tadi sudah kita daftarkan BPJS Jihan nya, sudaj bisa digunakan juga,”pungkasnya.

Kedatangan Hj Iriani Melita mengunjung bayi Jihan turut didampingi juga Camat Sungai Selan Yardiansyah, Awak Media, Kabid Perhubungan, Kades Tanjung Pura, Ketua Nelayan dan masyarakat tanjung pura, Pengelola Kepegawaian puskesmas Sungai Selan A. Rizal dan Bidan Koordinasi Susanawati, Bidan Desa Tanjung Pura Riska, Kasi Perlindungan Khusus Anak dinas PPKBP3A Suci Triaputri, Kasubag Kesejahteran Rakyat Dori, PSM Kelurahan Selan dan masyarakat. (Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here